Apa Itu Employee Engagement? Manfaat dan Cara Menerapkannya

Recruit First
Pengembangan Organisasi
24 Jul 2023
Apa Itu Employee Engagement? Manfaat dan Cara Menerapkannya

Keterlibatan karyawan atau employee engagement sudah pasti menjadi tujuan yang ingin kamu capai dalam perusahaanmu. Dalam mencapai tujuan tersebut, tentu saja ada banyak hal yang harus kamu lakukan sebagai Human Resources. Namun, sudahkah kamu memahami apa itu employee engagement.

Meningkatkan employee engagement bukanlah tugas karyawan semata. Human Resources juga harus turun tangan dalam meningkatkan keterlibatan karyawan di perusahaan. Terus, bagaimana cara menerapkannya? Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Employee Engagement?

Employee engagement adalah keterlibatan karyawan dalam pekerjaan mereka secara komprehensif, baik secara emosional, kognitif, dan perilaku. Jadi, employee engagement bukan hanya sekadar menjalankan tugas-tugas yang ada, tapi juga tentang karyawan agar merasa terhubung dengan perusahaan secara mendalam.

Bayangkan ketika karyawan terlibat secara emosional, mereka akan merasa kalau pekerjaannya memiliki arti dan nilai yang penting. Mereka akan merasa dihargai dan diberdayakan dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Nah, ketika karyawan merasakan hal tersebut, mereka akan lebih termotivasi untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya.

Employee engagement bisa dianggap sebagai kunci rahasia dalam mencapai kinerja yang luar biasa dan produktivitas yang tinggi di perusahaan. Ketika karyawan merasa terlibat, mereka cenderung memiliki kinerja yang lebih baik.

Mereka bersemangat untuk mencapai tujuan perusahaan serta memberikan kontribusi yang berarti. Bayangkan betapa hebatnya kalau semua karyawan bekerja dengan penuh semangat dan berpartisipasi aktif!

Baca Juga: 8 Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

Manfaat Employee Engagement Bagi Perusahaan

Employee engagement berarti kamu mempunyai karyawan yang berpartisipasi secara penuh. Nah, memiliki karyawan seperti itu sangatlah penting. Berikut ini manfaat yang diterima perusahaan.

1. Tim Mengembangkan Kinerja yang Lebih Baik

Ketika karyawan merasa terlibat secara emosional dan kognitif dalam pekerjaannya, mereka cenderung memiliki motivasi yang tinggi dalam mencapai hasil yang lebih baik. Mereka memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas dan target yang diberikan.

Karyawan yang terlibat pun berusaha untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya, sehingga kinerja tim secara keseluruhan juga akan meningkat.

2. Peningkatan Produktivitas

Employee engagement juga berdampak langsung pada produktivitas perusahaan. Karyawan yang merasa terlibat akan lebih termotivasi untuk bekerja dengan efisien dan efektif. Mereka akan berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaan mereka. Ketika karyawan merasa bahwa kontribusinya penting dan dihargai, mereka akan berusaha untuk memberikan hasil yang lebih baik.

3. Tingkat Turnover Karyawan Berkurang

Karyawan yang merasa terlibat cenderung lebih puas dengan pekerjaannya. Mereka memiliki hubungan yang lebih kuat dengan perusahaan dan rekan kerjanya. Akibatnya, tingkat turnover atau pergantian karyawan berkurang. Karyawan yang merasa terlibat pun cenderung bertahan lebih lama karena mereka merasa bahwa pekerjaannya memiliki arti dan nilai.

Baca Juga: 6 Solusi Turnover Karyawan Tinggi yang Bisa Anda Coba

4. Peningkatan Pelayanan Pelanggan

Employee engagement juga berdampak pada pelayanan pelanggan alias customer service. Ketika karyawan merasa terlibat dan memiliki sense-of-belonging terhadap pekerjaannya, mereka lebih bersemangat dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

Mereka pun berusaha untuk memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan solusi yang memuaskan. Kepuasan pelanggan pun meningkat sehingga bisa memperkuat hubungan bisnis.

5. Peningkatan Profit Perusahaan

Pada akhirnya, perusahaan pasti ingin mengejar keuntungan atau profit. Employee engagement tidak hanya berdampak pada kinerja individu dan tim, tetapi juga pada keseluruhan profitabilitas perusahaan. Karyawan yang merasa terlibat cenderung memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan.

Mereka berusaha mencapai tujuan perusahaan dan memberikan kontribusi yang maksimal. Perusahaan pun bisa meraih keuntungan yang lebih tinggi dengan kinerja yang lebih baik dan tingkat turnover yang rendah.

Cara Meningkatkan Employee Engagement dengan Efektif

Kini saatnya mengetahui cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan partisipasi karyawan dalam perusahaan. Bagaimana caranya? Lakukan enam langkah di bawah ini.

1. Berikan Perhatian kepada Karyawan secara Individu

Setiap karyawan memiliki kebutuhan, harapan, dan tujuan yang berbeda-beda.  Perusahaan perlu memberikan perhatian secara individu kepada setiap karyawan. Dengarkan apa yang mereka katakan, tanggapi masalah dan kekhawatirannya, serta berikan dukungan yang dibutuhkan. Kamu bisa menciptakan hubungan yang lebih kuat dan meningkatkan tingkat employee engagement kalau memahami isi hati karyawan kamu.

2. Adakan Pelatihan dalam Bentuk Coaching

Pelatihan memang menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan partisipasi karyawan. Namun, ada baiknya kamu mengadakan dalam bentuk coaching yang bersifat personal dan berfokus pada pengembangan individu.

Coaching dapat membantu karyawan mengenali potensi, mengatasi hambatan, dan mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan memberikan pelatihan coaching, kamu bisa memotivasi dan membantu karyawan mencapai kemampuan terbaiknya.

Baca Juga: 6 Manfaat Pelatihan Karyawan dan Bagaimana Perusahaan Bisa Melakukannya

3. Dengarkan Karyawan Kamu

Sering kali karyawan memiliki gagasan dan ide-ide brilian yang bisa meningkatkan proses bisnis. Mereka pun memiliki masukan yang berharga untuk perusahaan. Oleh karena itu, sempatkan waktu untuk mendengarkan karyawan kamu dengan saksama.

Berikan mereka kesempatan untuk berbagi pendapat, gagasan, dan pengalamannya. Langkah ini menunjukkan kalau pendapat karyawan dihargai dan mereka memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan perusahaan.

4. Bersosialisasilah dengan Karyawanmu

Menciptakan ikatan sosial antara karyawan sangat penting untuk meningkatkan employee engagement. Adakan acara sosial seperti gathering atau outing bersama. Jalin hubungan yang baik dengan karyawan kamu di luar ruang kerja. Langkah ini berguna dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif dan menyenangkan serta memperkuat rasa kepemilikan dan identitas karyawan dengan perusahaan.

Baca Juga: 10 Langkah Membangun Komunikasi yang Baik di Tempat Kerja

5. Miliki Sikap Melayani daripada Menuntut

Sebagai pemimpin atau manajer, sikap melayani sangatlah berdampak positif dalam menciptakan employee engagement. Perhatikan kebutuhan dan harapan karyawan kamu dan berikan dukungan yang mereka butuhkan untuk mencapai kesuksesan sukses.

Bantu mereka mengatasi hambatan dalam mencapai tujuannya. Sikap ini akan membantu kamu dalam membangun hubungan yang baik dengan karyawan serta memperkuat sense of belonging mereka terhadap pekerjaannya.

6. Berikan Pengakuan kepada Karyawan

Pengakuan atau recognition merupakan hal penting dalam meningkatkan employee engagement. Apresiasi dan pengakuan terhadap kinerja karyawan bisa meningkatkan motivasi mereka. Berikan pujian dan penghargaan secara terbuka untuk mereka yang menghasilkan kinerja yang baik.

Selain itu, berikan kesempatan bagi karyawan untuk memberikan recognition dari rekan kerja dan atasan mereka. Pengakuan akan memberikan rasa bangga dan meningkatkan rasa memiliki terhadap pekerjaan mereka.

Kesimpulan

Ingatlah bahwa employee engagement bukan cuma untuk keuntungan perusahaan, tapi juga untuk kesejahteraan dan kebahagiaan karyawan kamu. Selain memahami apa itu employee engagement, kamu juga harus mempelajari konsep employee relation yang diperlukan dalam membina hubungan yang baik dengan karyawan.

Baca juga: Apa itu Employee Relation dan Bagaimana Cara HR Bisa Membangunnya

Itulah dia penjelasan tentang apa itu employee engagement serta cara meningkatkannya yang dapat kamu jadikan panduan. Employee engagement tidak hanya menguntungkan perusahaan namun juga para karyawan.

Untuk menemukan talenta terbaik berikutnya bagi perusahaan, gunakan layanan talent acquisition yang komprehensif dari RecruitFirst. Sebagai perusahaan alihdaya yang berpengalaman, RecruitFirst dapat membantu kamu menemukan talenta yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan. Hubungi kami segera untuk mulai menemukan talenta terbaik perusahaanmu berikutnya!

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.