Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan Saat Interview

RecruitFirst
Tips Mencari Kerja
06 Jun 2024
Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan Saat Interview

Pernahkah kamu merasa kebingungan jika ada pertanyaan berapa gaji yang Anda inginkan ketika proses rekrutmen karyawan? Pertanyaan ini memang cukup tricky dan memerlukan jawaban yang tepat.

Para HR cukup sering menanyakan hal tersebut untuk mengetahui seberapa besar kamu bisa mengenali kualitas dan potensi dalam dirimu. Selain itu, HR juga ingin mengetahui apakah perusahaan mampu menjangkau gaji yang kamu inginkan.

Oleh karena itu, kamu harus benar-benar menyiapkan jawaban yang tepat agar tidak terkesan pasrah dan meremehkan. Simak artikel ini untuk mengetahui cara menjawab berapa gaji yang Anda inginkan dengan baik.

Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan

Saat interview kerja, sebagian orang akan merasa bingung dan dilema jika ada pertanyaan berapa gaji yang Anda inginkan. Sebenarnya, hal ini memang lazim terjadi karena kandidat harus benar-benar berhati-hati dalam memberikan jawaban. 

Hal ini agar tidak terjadi kesalahpahaman yang membuat kamu kehilangan kesempatan untuk mendapatkan posisi kerja yang saat itu dilamar. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi dan cukup ikuti beberapa cara menjawab berapa gaji yang Anda inginkan saat wawancara kerja berikut ini.

1. Melakukan Riset Sebelum Interview

Langkah ini sangat penting untuk dilakukan sebelum melakukan wawancara kerja. Riset yang bisa kamu lakukan adalah terkait profil, lokasi perusahaan, posisi, gaji di bidang terkait, dan kebutuhan hidup minimal di wilayah perusahaan. Beberapa informasi tersebut bisa membantu kamu menentukan kisaran gaji yang sesuai.

Secara umum, kisaran gaji di posisi dan jabatan tertentu akan sama di setiap perusahaan, namun ada pula yang berbeda bergantung pada lokasi, tingkat pengalaman, dan kemampuan perusahaan. Oleh karena itu, sebelum melakukan interview sebaiknya luangkan waktu untuk menggali informasi-informasi tersebut lebih dalam.

2. Mempertimbangkan Posisi

Posisi atau jabatan yang dilamar harus menjadi pertimbangan sebelum memberikan jawaban untuk pertanyaan berapa gaji yang Anda inginkan. Semakin tinggi posisi atau jabatan, maka semakin tinggi pula kisaran gaji yang sesuai.

Selain itu, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan terkait tanggung jawab yang akan diemban pada posisi tersebut. Misalnya, “Mohon maaf sebelumnya Bapak/Ibu, bisakah Anda menjelaskan terlebih dahulu mengenai tanggung jawab saya dalam posisi ini?.”

Dengan mengajukan pertanyaan tersebut, kamu tidak hanya membuka diskusi tentang gaji tetapi juga tanggung jawab posisi. Selain itu, HR juga akan menilai bahwa kamu adalah orang yang penuh pertimbangan dan hati-hati.

Baca juga: 11 Kelebihan Fresh Graduate yang Harus Dipertimbangkan Perusahaan

3. Mempertimbangkan Gaji Sebelumnya

Jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, maka sebaiknya informasikan hal tersebut kepada pihak pewawancara atau HR. Hal ini agar pihak rekruter dapat menilai dan mempertimbangkan standar gajimu yang seharusnya. Dengan begitu, kisaran gaji yang akan disampaikan bisa sesuai dan mencapai kesepakatan.

4. Mempertimbangkan Pengalaman dan Kemampuan

Apabila kamu sudah memiliki pengalaman dan kemampuan yang mumpuni, maka kamu berhak mendapatkan gaji yang sesuai dengan kemampuanmu. Sebaliknya, jika soft skill-mu dan kemampuanmu belum tinggi atau bahkan masih fresh graduate, maka kamu perlu lebih rendah hati dalam menentukan kisaran gaji. Tentunya, kamu harus tetap memperhatikan standar dan profil perusahaan yang saat ini dilamar.

5. Membuka Negosiasi

Cara menjawab berapa gaji yang Anda inginkan berikutnya adalah dengan membuka ruang negosiasi dan bersikap fleksibel. Cobalah untuk menunjukkan sikap bahwa kamu bersedia untuk membuka berdiskusi secara terbuka.

Jika HR ingin mendengar angka tertentu, maka kamu bisa menyebutkan kisaran angka (misalnya, Rp3.000.000,- sampai Rp4.000.000,-). Jawaban tersebut masih memungkinkan kamu untuk tetap fleksibel dan pastikan bahwa jawaban tersebut sudah berdasarkan riset sebelumnya.

Baca juga: Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Behavioral Interview

Contoh Jawaban Berapa Gaji yang Anda Inginkan

Setelah menerangkan kelima cara menjawab berapa gaji yang Anda inginkan, kamu bisa mengungkapkan jawabannya dengan ramah dan sopan. Adapun contoh jawaban berapa gaji yang Anda inginkan yaitu sebagai berikut.

  • “Ekspektasi gaji saya sangat fleksibel. Namun, berdasarkan riset yang sebelumnya telah saya lakukan, gaji minimum pada posisi ini di wilayah ini adalah sekitar (sebutkan nominal angka). Berdasarkan data tersebut dan memperhitungkan pengalaman saya selama 3 tahun, ekspektasi gaji saya berkisar antara (sebutkan nominal angka).”
  • “Mohon maaf sebelumnya, berhubungan dengan hal tersebut saya ingin mengetahui terlebih dahulu mengenai tanggung jawab saya pada posisi ini lebih lanjut agar saya dapat memberikan jawaban yang lebih akurat. Namun, berdasarkan hasil riset saya mengenai gaji dengan posisi serupa di Indonesia, maka kisaran gaji saya mulai dari (sebutkan nominal angka) hingga (sebutkan nominal angka).”
  • Berdasarkan gaji saya sebelumnya, penguasaan saya terhadap bidang ini, dan lokasi geografis sekitar, maka ekspektasi gaji saya yaitu (sebutkan nominal angka). Saya percaya bahwa pengalaman tersebut sangat berharga untuk posisi ini. Namun, saya terbuka terhadap diskusi mengenai kisaran angka ini lebih lanjut untuk menentukan gaji yang sesuai.”

Itulah beberapa informasi mengenai pertanyaan berapa gaji yang Anda inginkan. Pertanyaan semacam ini akan sering kamu temui ketika melakukan wawancara kerja dengan HR.

Dengan menyimak informasi di atas, kamu tidak perlu lagi kebingungan mencari jawaban yang tepat. Tidak hanya itu, usahakan untuk selalu berlatih dan menyiapkan segalanya dengan baik agar lebih percaya diri.

Selain mempelajari cara menjawab pertanyaan di atas, kamu juga perlu mengeksplorasi posisi-posisi lain yang cocok untuk dilamar. Nah, RecruitFirst dapat membantu menemukan berbagai peluang baru yang sesuai dengan kualifikasi dan potensi dirimu.

RecruitFirst menyediakan beragam informasi seputar dunia kerja, mulai dari tips rekrutmen hingga lowongan pekerjaan. Yuk, temukan posisi impianmu bersama RecruitFirst.

Baca juga: Tips Menjawab Pertanyaan “Apa Motivasi Anda Bekerja” dengan Baik

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.