7 Cara Cepat Dapat Kerja untuk Fresh Graduate

RecruitFirst
Tips Mencari Kerja
04 Mar 2024
7 Cara Cepat Dapat Kerja untuk Fresh Graduate

Saat ini, mencari pekerjaan bisa dikatakan sebagai hal yang tidak mudah. Persaingan yang kompetitif membuat kita harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Kali ini, kita akan membahas tentang cara cepat dapat kerja, baik bagi fresh graduate atau yang sedang mencari pekerjaan baru.

Dengan menerapkan berbagai tips jitu mencari pekerjaan di bawah ini, maka kamu pun bisa semakin dekat dengan pekerjaan impian. Simak sampai tuntas, ya!

Baca Juga: Begini Perkenalan Diri saat Interview untuk Fresh Graduate

Cara Cepat Dapat Kerja agar Tidak Lama Menganggur

Persaingan yang semakin ketat saat ini membuat beberapa orang kesulitan mendapatkan pekerjaan. Jika ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat, berikut adalah beberapa tips cara cepat dapat kerja yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang.

1. Mengikuti Job Fair

Salah satu cara cepat dapat kerja adalah mengikuti acara job fair, yaitu acara di mana banyak perusahaan membuka lowongan pekerjaan, khususnya untuk para fresh graduate. Nah, kamu bisa memanfaatkan acara ini untuk melamar kerja di berbagai perusahaan dengan membawa salinan surat lamaran dan CV sebanyak mungkin

Namun, kamu pun perlu memilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan relevan dengan resume yang sudah kamu buat, ya. Hindari memasukkan lamaran secara asal ke perusahaan yang tidak relevan dengan posisi yang sedang kamu cari.

2. Mengikuti Walk in Interview

Walk in interview adalah wawancara yang bersifat terbuka, di mana pelamar bisa langsung menuju tahap interview saat itu juga. Metode ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah banyak sekaligus.

Jika ada kesempatan walk in interview, tidak ada salahnya kamu mencoba. Walk in interview bisa menjadi salah satu cara cepat dapat kerja. Informasi mengenai event tersebut biasanya akan muncul di media sosial, website, atau poster perusahaan.

Sebelum menjalani walk in interview, pastikan CV-mu sudah sesuai dengan posisi yang kamu lamar, ya. Pasalnya, HRD pun akan melihat kesesuaian CV dengan posisi yang dibuka sebelum melakukan interview dengan kandidat.

Baca Juga: Temukan Kandidat yang Tepat dengan 7 Cara Interview Calon Karyawan

3. Mencari Informasi dari Alumni yang Sudah Bekerja

Cara cepat dapat kerja berikutnya adalah mencari informasi dari alumni yang sudah bekerja. Pasalnya, alumni tersebut memiliki peluang tinggi untuk mengetahui lowongan pekerjaan yang terbuka di perusahaannya.

Kamu pun akan mendapatkan kesempatan lebih tinggi untuk diterima bila mendapatkan rekomendasi dari alumni yang sudah bekerja di perusahaan yang sedang kamu lamar, lho. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjaga hubungan baik dengan kakak kelas.

4. Mengikuti Program Magang

Mengikuti program karyawan magang juga bisa menjadi salah satu cara cepat dapat kerja. Magang bisa menambah poin plus dalam pengalaman kerjamu di CV. Selain itu, kamu pun dapat meningkatkan soft skill dan hard skill yang kamu punya.

Meski fresh graduate, rekruter tetap akan mempertimbangkan bila kamu telah memiliki pengalaman magang sebelumnya. Di samping itu, dengan mengikuti program magang, kamu juga berpotensi diangkat sebagai karyawan tetap di perusahaan tersebut, lho.

5. Mengikuti Kursus Skill Kekinian

Apabila kamu kesulitan mendapatkan pekerjaan yang linier dengan jurusan kuliahmu, cobalah untuk banting setir ke bidang yang berbeda. Bagaimana caranya? Cobalah mencari jenis pekerjaan lain yang sekiranya cocok denganmu, lalu ikuti kursus untuk meningkatkan kemampuanmu dalam bidang tersebut.

Misalnya, jika ingin bekerja sebagai digital marketer yang saat ini menjadi pekerjaan yang banyak dicari, kamu bisa mengikuti kursus atau bootcamp digital marketing untuk meningkatkan skill sekaligus kredibilitas dalam bidang tersebut.

Baca Juga: 11 Kelebihan Fresh Graduate yang Harus Dipertimbangkan Perusahaan

6. Membangun Personal Branding yang Baik

Di era digital seperti sekarang, rekruter sering kali melakukan background check melalui media sosial. Hal ini dilakukan agar bisa menilai karakter kandidat lebih dalam, sehingga penting untuk membangun personal branding yang baik.

Memiliki personal branding yang baik, menarik, dan cerdas dapat memberikan poin plus di hadapan rekruter. Terlebih lagi, jika kamu banyak berbagi tentang kemampuanmu dalam bidang yang sedang dilamar saat ini. Misalnya, kamu akan melamar sebagai graphic designer, maka cobalah membagikan hasil desain terbaik milikmu ke media sosial.

7. Mengoptimalkan Isi CV

Cara cepat dapat kerja selanjutnya adalah memaksimalkan isi CV (curriculum vitae) agar semakin menarik. Jika ingin dilirik oleh HRD dan lolos screening, maka buatlah CV semenarik mungkin. Tonjolkan pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki, serta buat desain CV yang bagus, namun jangan berlebihan.

Itulah beberapa cara cepat dapat kerja yang bisa kamu terapkan. Selain menerapkan sejumlah tips di atas, kamu juga bisa mencari lowongan pekerjaan di RecruitFirst. Praktis, cukup pilih pekerjaan yang sesuai dengan posisi incaranmu, kemudian masukkan resume atau CV-mu. Apabila kamu cocok dengan peran yang akan kami isi, RecruitFirst akan segera menghubungimu.

Jangan khawatir jika kamu belum menemukan posisi yang sesuai. Daftarkan saja email atau nomor pribadimu pada Job Portal dari RecruitFirst Indonesia untuk mendapatkan pemberitahuan terbaru mengenai posisi yang kamu inginkan. Ayo, mulai mencari pekerjaan bersama RecruitFirst sekarang juga!

Baca Juga: Apa itu Job Requirement dan Mengapa Kamu Harus Memperhatikannya?

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.