Bagaimana Cara Menanyakan Gaji saat Interview? Ini Tipsnya

RecruitFirst
Saran Karir
02 Jun 2024
Bagaimana Cara Menanyakan Gaji saat Interview? Ini Tipsnya

Mencari pekerjaan baru memang penuh dengan berbagai pertimbangan. Salah satu yang paling penting adalah gaji. Wajar saja, jika ingin mendapatkan gaji serta kompensasi yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman. Namun, masih banyak yang bingung bagaimana cara menanyakan gaji saat interview.

Untuk itu, tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan membahas beberapa tips cara menanyakan gaji saat interview yang sopan dan profesional. Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apakah Boleh Menanyakan Gaji saat Interview?

Gaji merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika melamar pekerjaan. Namun, tidak semua iklan lowongan menampilkan kisaran gaji dan terkadang pewawancara juga tidak membahasnya secara langsung. Untuk itu, tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa menanyakan gaji saat interview

Justru hal itu adalah hak kamu sebagai calon karyawan untuk mengetahui kisaran gaji yang ditawarkan. Tetapi, masih banyak yang cemas menanyakan gaji karena takut dianggap tidak sopan atau berdampak buruk pada peluang diterima kerja. Namun, jika pewawancara tidak memberikan informasi gaji terlebih dahulu, maka kamu bisa menanyakannya.

Cara Menanyakan Gaji saat Interview

Mencari pekerjaan baru adalah proses yang penuh dengan persiapan dan pertimbangan. Salah satu aspek penting yang perlu dipikirkan adalah gaji. Namun, menanyakan gaji saat interview bisa jadi terasa canggung dan tidak sopan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara untuk menanyakan gaji saat interview.

1. Lakukan Riset Mengenai Kisaran Gaji

Cara menanyakan gaji saat interview yang pertama adalah melakukan riset. Kamu bisa memulai dengan mencari tahu kisaran gaji untuk posisi yang dilamar di perusahaan tersebut. Lalu, perhatikan juga UMR atau UMK di daerah kamu dan gaji rata-rata untuk pekerjaan yang sama. Dengan informasi ini, kamu dapat menentukan kisaran gaji yang dapat diajukan saat interview.

2. Latihan Bertanya

Rasa gugup saat interview adalah hal wajar, terutama bagi fresh graduate yang baru pertama kali mengalaminya. Untungnya, ada cara menanyakan gaji saat interview untuk fresh graduate. Caranya, cobalah untuk latihan bertanya dan menjawab tentang gaji di rumah. Kamu bisa melakukan latihan interview dengan teman, saudara, atau di depan cermin. 

Baca juga: 5 Tips Jitu Mendapatkan Pekerjaan Tidak Sesuai Jurusan

3. Hindari Menanyakan sebelum Ditanya

Hindari menanyakan gaji di awal interview sebelum ditanyakan. Sebaiknya, tunggulah hingga HRD menjelaskan informasi terkait prosedur kerja dan gaji. Lalu, saat HRD menanyakan ekspektasi gaji, sampaikan kisaran gaji yang kamu harapkan dengan sopan dan profesional.

Jika ini adalah interview pertama kamu, jangan ragu untuk menyampaikan kisaran gaji yang diharapkan berdasarkan riset sebelumnya. Negosiasi gaji adalah hal yang wajar dan penting untuk memastikan kesesuaian ekspektasi kamu dengan perusahaan.

4. Negosiasikan Gaji sesuai Kemampuan

Cara menanyakan gaji saat interview berikutnya adalah melakukan negosiasi dengan menunjukkan kemampuan kamu. Jelaskan kepada HRD tentang pengalaman, pencapaian, dan keahlian yang kamu miliki. Dengan menunjukkan kemampuan dan nilai, kamu dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan gaji yang sesuai dengan ekspektasi dan kontribusi.

5. Tetap Ramah dan Tenang saat Menanyakan Gaji

Cara menanyakan gaji saat interview selanjutnya adalah tetap tenang dan ramah. Pastikan kamu tetap tenang dan hindari bertanya dengan nada suara tinggi atau terkesan memaksa saat melakukan negosiasi gaji. Dengan sikap positif dan komunikasi yang baik, kamu dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan gaji sesuai ekspektasi.

6. Hindari Menggunakan Alasan Pribadi

Negosiasi gaji harus fokus pada nilai dan kontribusi yang dapat kamu berikan kepada perusahaan. Hindari menggunakan alasan pribadi, seperti kebutuhan finansial, tanggungan keluarga, atau masalah lainnya. Perlu diingat, perusahaan memberikan gaji berdasarkan keahlian, pengalaman, dan kontribusi kamu terhadap perusahaan.

7. Tanyakan Benefit atau Kompensasi yang Didapatkan

Gaji bukan satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan saat negosiasi. Kamu juga menanyakan tentang benefit atau kompensasi yang ditawarkan perusahaan di luar dari gaji. Lalu, jika gaji yang ditawarkan di bawah ekspektasi, cobalah untuk menegosiasikan benefit tambahan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Baca juga: 7 Cara Membuat Kontrak Kerja dengan Tepat

8. Sebutkan Gaji Terakhir

Jika memiliki pengalaman kerja sebelumnya, cobalah untuk menyebutkan gaji terakhir kamu saat melakukan negosiasi. Hal ini dapat membantu HRD untuk mempertimbangkan gaji yang sesuai dengan pengalaman dan kemampuan kamu. HRD mungkin akan menawarkan gaji yang lebih besar dari gaji terakhir, tergantung pada kemampuan dan pengalaman kamu.

9. Hindari Menerima pada Tawaran Pertama

Cara menanyakan gaji saat interview yang terakhir adalah hindari menerima pada tawaran pertama. Cobalah minta waktu untuk mempertimbangkan tawaran tersebut dengan matang.

Diskusikan dengan keluarga, kerabat, atau mentor untuk mendapatkan masukan dan saran.

Dengan pertimbangan matang, kamu dapat membuat keputusan tepat dan menegosiasikan gaji yang sesuai dengan nilai dan kemampuan.

Demikianlah beberapa cara menanyakan gaji saat interview yang bisa kamu coba. Jangan lupa untuk selalu bersikap sopan, profesional, dan percaya diri saat menyampaikan pertanyaan kamu.

Jika kamu sudah siap untuk interview, maka langkah selanjutnya adalah menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu di RecruitFirst. Cukup daftar, cari posisi yang ingin dilamar, submit CV, resume, portofolio, dan dokumen yang diperlukan lainnya. Kemudian, RecruitFirst akan menghubungkan kamu dengan perusahaan yang sesuai.

Belum mendapatkan posisi yang diinginkan? Tenang saja, kamu tinggal daftar pemberitahuan pekerjaan, lalu RecruitFirst akan memberikan informasi mengenai peluang terbaru yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. 

Tunggu apalagi? Yuk, wujudkan karir impian kamu bersama RecruitFirst!

Baca juga: 10 Langkah Membangun Komunikasi yang Baik di Tempat Kerja

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.