Logo RF White

Tips Menjawab Jenis Pekerjaan yang Tidak Disukai & Contohnya

RecruitFirst
Learning from Recruiter
06 Sep 2024
Tips Menjawab Jenis Pekerjaan yang Tidak Disukai & Contohnya

Tahap interview termasuk dalam salah satu proses seleksi karyawan yang harus dilalui oleh kandidat. Umumnya, kandidat akan melakukan interview dengan HRD dan user. Pertanyaan yang diajukan cukup bervariasi, contohnya jenis pekerjaan yang tidak disukai.

Saat menjawab pertanyaan tersebut, kandidat harus memikirkan jawaban yang penuh pertimbangan. Sebab, jawaban tersebut bisa menjadi salah satu penentu untuk lolos ke tahap selanjutnya. 

Jadi, simak terus pembahasan di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara menjawab jenis pekerjaan yang tidak disukai saat interview dan contohnya.

Cara Menjawab Jenis Pekerjaan yang Tidak Disukai Saat Interview dan Contohnya

Pertanyaan mengenai jenis pekerjaan apa yang tidak disukai mungkin terdengar sederhana. Namun, pertanyaan tersebut sebenarnya memberikan pengetahuan penting terkait minat, kepribadian, dan kecocokanmu dengan posisi yang ditawarkan.

Artinya, HRD ingin mengetahui apakah posisi yang ditawarkan sesuai dengan nilai, minat, dan keahlianmu. Mereka juga ingin memastikan bahwa kamu mempunyai motivasi intrinsik untuk bekerja pada jabatan tersebut dan bisa berkontribusi secara positif terhadap tim maupun organisasi.

Jadi, kamu harus tetap berhati-hati dan berikanlah jawaban yang tepat. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Menghindari Jawaban Kontradiktif dengan Bidang yang Dilamar

Cara menjawab jenis pekerjaan yang tidak disukai saat interview adalah menghindari jawaban kontradiktif dengan bidang kerja. Sebaiknya, jawablah pertanyaan sesuai dengan apa yang sudah disampaikan pada resume atau lamaran kerjamu.

Sebab, memberikan jawaban yang bertentangan hanya akan membuat HRD salah paham dan kandidat tampak tidak jujur. Sebagai contoh, kamu melamar pada bagian public relation, tetapi jawabanmu justru menunjukkan bahwa kamu cenderung pemalu dan tidak suka berhubungan dengan banyak orang.

Jadi, sangatlah penting bagi kamu untuk memahami bidang pekerjaan yang dilamar. Contoh jawaban jenis pekerjaan yang tidak disukai saat interview adalah sebagai berikut.

“Semua pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawab saya, akan saya kerjakan dengan maksimal. Namun, saya perlu menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan rekan dan lingkungan kerja yang baru. Saya cenderung kurang cocok bekerja dengan seseorang yang tidak bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya.”

2. Menjelaskan Secara Diplomatis dan Logis

Ketika diberi pertanyaan yang cukup menjebak oleh HRD, kamu tidak menjawabnya secara gamblang. Cara menjawab jenis pekerjaan yang tidak disukai yang bisa kamu terapkan adalah dengan memberikan jawaban diplomatis dan logis.

Cobalah untuk memperlihatkan bahwa kamu adalah individu yang senang belajar hal baru. Sebenarnya, memiliki pekerjaan yang tidak disukai itu wajar. Akan tetapi, pastikan jawaban yang akan diberikan tetap terdengar masuk akal dan hindari nada angkuh saat menjawab.

Kamu bisa mencoba contoh jawaban jenis pekerjaan yang tidak disukai saat interview berikut ini.

“Sebenarnya, saya tidak begitu mempunyai preferensi khusus terkait lingkungan dan budaya kerja. Saya juga tidak dapat menghindari apabila  ada hal yang kurang menyenangkan ketika bekerja. Saya merasa kurang nyaman bekerja dengan orang yang mudah menyerah. 

Akan tetapi, saya akan belajar bahwa hal tersebut adalah bagian dari pekerjaan yang harus saya hadapi. Jadi, saya selalu berusaha untuk mengelola emosi sebagai bentuk pengendalian diri. Segala tantangan tersebut  akan saya jadikan sebagai bahan evaluasi di masa depan.”

3. Memberitahu Cara Kerja Bersama Tim

Sebuah pekerjaan tidak selalu dikerjakan secara individu, ada kalanya kamu akan bekerja sama dengan tim. Nah, cara menjawab jenis pekerjaan yang tidak disukai bisa kamu kaitkan dengan hal itu. Jelaskanlah kepada HRD bagaimana cara kerjamu saat bekerja di dalam sebuah tim.

Contoh jawaban jenis pekerjaan yang tidak disukai saat interview adalah seperti berikut ini.

“Saya kurang nyaman bekerja dengan tim yang tidak bisa mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional. Saya lebih nyaman bekerja bersama tim yang saling mendukung, solid, tidak menjatuhkan satu sama lain, dan saling terbuka terhadap masukan maupun saran.”

Baca juga: Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan Saat Interview

4. Menyertakan Rencana Perbaikan

Apabila menyebutkan pekerjaan yang tidak disukai, maka sebaiknya sertakan juga rencana perbaikannya. Jadi, cara menjawab jenis pekerjaan yang tidak disukai adalah dengan menyampaikan pandanganmu terhadap pekerjaan tersebut dan strategi untuk mengatasinya.

Contoh jawaban jenis pekerjaan yang tidak disukai untuk disampaikan kepada HRD adalah sebagai berikut.

“Saya menyadari bahwa pekerjaan yang mengharuskan saya berbicara di depan umum bisa menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, saya sudah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan skill berkomunikasi yang saya miliki. 

Saya mengikuti kursus public speaking dan bergabung di klub debat Universitas selama menempuh pendidikan. Hal tersebut saya lakukan dengan tujuan agar kepercayaan diri saya untuk berbicara di depan umum bisa lebih meningkat.”

5. Memberikan Jawaban Netral dan Positif

Selanjutnya, cara menjawab jenis pekerjaan yang tidak disukai saat interview dapat kamu lakukan dengan menghindari alasan terlalu negatif. Sebaiknya, fokuskanlah jawaban mengenai hal apa yang membuatmu tidak menyukai pekerjaan tersebut. 

Oleh sebab itu, lebih baik jadikan pertanyaan ini sebagai kesempatan untuk menyampaikan kemampuan adaptasimu dan cobalah tetap bersikap positif selama interview. Contoh jawaban jenis pekerjaan yang tidak disukai adalah seperti berikut.

“Saya tidak memiliki masalah dengan job description yang diberikan sebagai seorang marketing komunikasi. Saya telah berpengalaman di bidang ini selama 3 tahun. Saya juga selalu memastikan bahwa semua tugas dan tanggung jawab akan saya selesaikan dengan baik sesuai tenggat waktu. 

Namun, apabila di tengah-tengah pengerjaan tugas tersebut ada pekerjaan tambahan dengan waktu singkat, maka saya akan berusaha berkoordinasi dengan atasan terkait pekerjaan tersebut.”

Baca juga: Tips Menjawab Pertanyaan “Apa Motivasi Anda Bekerja” dengan Baik

Nah, sudahkah kamu memahaminya? Meskipun terbilang tricky, kamu memang harus menyiapkan jawaban yang tepat. Melalui cara dan contoh jawaban jenis pekerjaan yang tidak disukai saat interview di atas, kamu tidak perlu bingung lagi mencari jawabannya.

Sembari menunggu hasil interview, kamu bisa mengeksplorasi berbagai lowongan pekerjaan di RecruitFirst Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah peluang kamu mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

RecruitFirst Indonesia yang merupakan perusahaan outsourcing juga menyediakan layanan manajemen talenta. Melalui layanan tersebut, kami siap membantu dalam proses seleksi hingga pengelolaan karyawan secara efektif.

Apakah kamu tertarik mencobanya? Yuk, segera hubungi kami dan dapatkan kemudahan layanannya sekarang juga!

Baca juga: 11 Cara Memperkenalkan Diri saat Interview dan Contohnya

Debby Lim
Author
Debby Lim

As the business leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings over 13 years of industry experience to the team. With a wealth of knowledge across various industries, Debby excels at handling diverse roles and delivering exceptional results.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *