Apa itu Career Path dan Bagaimana Cara Menentukannya?

RecruitFirst
Tips Mencari Kerja
02 Jun 2024
Apa itu Career Path dan Bagaimana Cara Menentukannya?

Dalam dunia profesional yang terus berkembang, memahami career path adalah kunci utama untuk mencapai sukses dalam karier. Apakah kamu sudah memiliki career path yang jelas, atau mungkin kamu masih bingung tentang apa itu career path? 

Sering dikira sama dengan aspirasi karier, career path atau jenjang karier adalah gambaran tentang perjalanan karier kamu dari awal hingga puncak, termasuk pilihan bidang yang ingin kamu geluti dan langkah-langkah yang perlu kamu ambil untuk mencapai career path itu. 

Di artikel ini, akan dibahas secara detail tentang apa itu career path, bagaimana cara menentukannya, dan strategi apa yang dapat kamu lakukan untuk meraihnya. Pastikan untuk membaca sampai akhir!

Apa itu Career Path?

Career path adalah langkah-langkah yang harus ditempuh seseorang dalam meraih tujuan karier mereka. Ibarat tangga, titik awal perjalanan tersebut biasanya dimulai dari bawah, seperti menempuh pendidikan, sedangkan tujuan akhirnya adalah pekerjaan dengan posisi atau peran tertentu. Sederhananya, untuk mencapai posisi atau peran yang diinginkan, seseorang harus menempuh pendidikan, pelatihan, magang, dan pengalaman kerja. 

Misalnya, seseorang mungkin bercita-cita menjadi programmer. Untuk meraih itu, ia tentu perlu memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang Ilmu Komputer. Selama masa perkuliahan, ia perlu aktif mengikuti magang dan pelatihan, lalu setelah lulus kuliah ia berkesempatan memulai perjalanan kariernya sebagai programmer junior di sebuah startup

Selama beberapa tahun, ia terus belajar dan mengembangkan keterampilannya hingga berhasil naik jabatan menjadi senior software engineer. Bertahun-tahun berikutnya, ia pindah ke perusahaan teknologi besar dengan berbekal skills dan pengalamannya tersebut dan langsung diangkat menjadi lead developer. 

Dari contoh jenjang karier di atas, dapat disimpulkan bahwa career path adalah tentang menentukan tujuan karier dan menempuh berbagai tahapan untuk bisa meraihnya. Ini tentu memerlukan proses yang sangat panjang sehingga memang perlu untuk direncanakan sedini mungkin. Dengan memiliki career path yang jelas, kamu akan memiliki persiapan yang lebih matang dan bisa mengisi tahun-tahun berkarier kamu dengan sebuah “progress”.

Baca juga: 12 Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja, Catat!

Cara Menentukan Career Path 

Poin utama dalam menentukan career path adalah dengan mengenali diri kamu lebih baik lagi. Berikut adalah penjelasan lebih detailnya.

1. Tentukan Minat

Langkah awal untuk menentukan career path adalah dengan mengetahui apa yang kamu sukai atau kuasai. Hal-hal apa yang kamu nikmati dan ingin kamu lakukan lebih sering. Misalnya, mungkin kamu suka membuat karya seni, seperti lukisan atau kerajinan tangan, atau mungkin kamu suka menulis blog atau membuat konten video di media sosial. 

Atau, mungkin kamu lebih suka melakukan analisis data, atau kamu merasa nyaman berinteraksi dengan hewan peliharaan dan ingin membuat bisnis di bidang peternakan atau perawatan hewan. Hal terpenting adalah memahami apa minat kamu karena dengan begitu, kamu bisa menemukan bidang karier yang tepat dan akan merasa puas dengan pekerjaan di masa depan.

2. Pilih Bidang Karier Sesuai Minat 

Setelah mengetahui minat kamu, langkah kedua untuk menentukan career path adalah menjelajahi bidang karier yang sesuai dengan minat tersebut. Misalnya, jika kamu tertarik pada bidang seni dan kreativitas, kamu bisa memilih bidang desain grafis, seni visual, atau industri kreatif lainnya. 

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui apa saja tanggung jawab dari posisi-posisi tersebut sehingga kamu akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana minat kamu dapat diaplikasikan dalam dunia profesional.

3. Buat Detail Rencana Karier 

Langkah terakhir dalam menetapkan career path adalah menyusun rencana. Tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang secara spesifik, lalu tetapkan langkah-langkah apa yang harus kamu ambil untuk mencapainya. 

Misalnya, dengan menetapkan rentang waktu yang realistis untuk mencapai setiap progres, serta mengetahui pelatihan tambahan atau pengalaman kerja seperti apa yang bisa kamu persiapkan. 

Strategi Meraih Career Path

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan setelah menetapkan career path adalah berkomitmen untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam meraih career path, diperlukan strategi yang tepat, mulai dari mengikuti pelatihan, mencari pengalaman kerja, dan membangun relasi seluas mungkin. Berikut penjelasan detailnya.

1. Ikuti Kursus, Pelatihan, dan Organisasi

Ikuti kursus, pelatihan, dan organisasi yang relevan dengan career path kamu sebanyak-banyaknya. Selain untuk meningkatkan keterampilan, kegiatan-kegiatan tersebut juga akan memperkaya CV kamu. Hal ini penting karena ketika nantinya kamu melamar pekerjaan, HR bisa mempertimbangkan lamaran kamu meski kamu belum memiliki pengalaman profesional.

Baca juga: Cara Membuat CV ATS Friendly, Favorit para HRD Perusahaan!

2. Cari Pengalaman Kerja 

Cari pengalaman kerja dalam bidang yang kamu minati, mulai dari kesempatan magang, pekerja lepas, hingga volunteer. Kegiatan-kegiatan tersebut akan menjadi kesempatan untuk kamu belajar dan mengumpulkan pengalaman sebanyak-banyaknya. Selain membantu memperkaya portofolio dan membuktikan skills serta pengalaman kamu secara nyata.

3. Bangun Jaringan dan Hubungan

Strategi terakhir yang bisa kamu lakukan untuk meraih career path adalah dengan membangun relasi sebanyak mungkin dengan orang-orang di bidang yang kamu minati, entah itu dengan orang profesional atau berpengalaman, maupun dengan orang yang masih sama-sama berkembang. 

Selain melalui acara-acara seminar dan sejenisnya, kamu juga bisa memanfaatkan platform, seperti LinkedIn. Dengan memperluas jaringan, kamu berkesempatan memperoleh lebih banyak saran, dukungan, dan bahkan peluang kerja.

Demikian penjelasan mengenai apa itu career path, bagaimana cara menentukannya, dan strategi apa yang perlu dilakukan untuk meraihnya. Berdasarkan pemaparan tersebut, kamu tentunya sudah memiliki gambaran yang jelas tentang konsep career path. Oleh karena itu, untuk menerapkan strategi career path kamu, segera cari lowongan pekerjaan yang sesuai di RecruitFirst. 

Caranya, cukup pilih pekerjaan yang sesuai dengan posisi yang kamu inginkan, lalu unggah resume atau CV terbaru kamu. Jika sesuai dengan kualifikasi perusahaan, kamu akan segera dihubungi untuk lanjut ke tahap selanjutnya. Intinya, jangan mudah menyerah. Dengan tekad dan kerja keras, kamu pasti bisa mencapai impian karier kamu sesegera mungkin bersama RecruitFirst!

Baca juga: 5 Tips Cara Dapat Kerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.