Logo RF White

Mengenal Chief Financial Officer dan Tugas Pentingnya, Catat!

RecruitFirst
Learning from Recruiter
06 Sep 2024
Mengenal Chief Financial Officer dan Tugas Pentingnya, Catat!

Ingin bekerja di industri keuangan? Mungkin Chief Financial Officer bisa dimasukkan ke dalam rangkaian career path yang kamu rancang. Pada perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, Chief Financial Officer adalah pekerjaan yang menduduki peringkat teratas. Sedangkan di perusahaan bidang lain, pekerjaan tersebut menduduki peringkat kedua, tepat setelah CEO perusahaan.

Selain bisa mendapatkan kedudukan yang tinggi, tentunya pekerjaan tersebut juga menawarkan gaji yang tinggi pula. Tertarik ingin menjadi Chief Financial Officer? Simak artikel ini sampai akhir untuk mengetahui lebih lanjut tentang pekerjaan ini. 

Apa itu Chief Financial Officer?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, CFO atau Chief Financial Officer adalah posisi tertinggi di industri keuangan dalam struktur organisasi perusahaan dan posisi tertinggi kedua di bidang industri lainnya. CFO memikul tanggung jawab besar mengenai anggaran keuangan perusahan. CFO memiliki peran untuk melakukan pengawasan serta memberi keputusan besar mengenai alur keuangan perusahaan.

Pada perusahaan berskala kecil, CFO biasanya juga akan melakukan pekerjaan akuntansi dan beberapa pendataan lainnya. Namun, di perusahaan berskala besar, CFO hanya akan meninjau laporan serta data dari masing-masing divisi di perusahaan dan membuat keputusan yang paling tepat berdasarkan data dan laporan tersebut.

Tugas Chief Financial Officer

Pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan bahwa CFO bertanggung jawab secara langsung terhadap anggaran keuangan perusahaan. Adapun beberapa tugas Chief Financial Officer adalah sebagai berikut.

1. Pengawasan Keuangan

Salah satu tugas penting dari CFO adalah melakukan pengawasan keuangan. CFO wajib mengetahui semua pergerakan keuangan yang terjadi di perusahaan. Selain itu, CFO juga berkewajiban untuk menyampaikan laporan keuangan secara mendetail kepada para stakeholders. Maka dari itu, CFO perlu untuk mengawasi seluruh pergerakan keuangan di perusahaan.

Selain untuk memberikan laporan kepada para stakeholders, pengawasan tersebut juga bisa digunakan sebagai data untuk mengetahui keberhasilan rencana perusahaan berdasarkan rencana atau kesepakatan yang sudah dibuat sebelumnya.

2. Kebendaharaan

Selain pengawasan keuangan, CFO juga bertugas sebagai bendahara dari suatu perusahaan. CFO memiliki kewenangan untuk menentukan kebijakan keuangan berdasarkan kondisi perusahaan. Jadi, rencana investasi, hutang, maupun kegiatan keuangan lainnya akan diputuskan oleh CFO. Maka dari itu, CFO harus memiliki kemampuan analisis risiko keuangan yang baik agar bisa memberikan keputusan terbaik.

Baca juga: Peran General Affair, Tugas, hingga Skill yang Dibutuhkan

3. Membuat Strategi Ekonomi

Tugas selanjutnya dari CFO yang satu ini pada dasarnya masih melanjutnya dua tugas sebelumnya. Dengan melakukan pengawasan dan tugas kebendaharaan, CFO akan mampu membuat strategi ekonomi yang paling tepat untuk perusahaan. Maka dari itu, CFO wajib untuk mengetahui situasi keuangan perusahaan kemudian melakukan identifikasi sehingga bisa menyusun strategi yang paling tepat untuk kemajuan perusahaan.

Bagaimana? Tugas dari CFO cukup kompleks bukan? Hal tersebut wajar karena posisi tersebut memiliki peran penting dalam menentukan masa depan perusahaan. Namun, dibalik semua tugas yang kompleks tersebut, CFO akan diberikan gaji yang setimpal dengan tugasnya. Kisaran gaji Chief Financial Officer adalah 133 juta hingga 266 juta Rupiah per bulannya, atau bisa menyesuaikan dengan besar kecilnya perusahaan. 

Tips Menjadi Chief Financial Officer

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tugas yang dimiliki oleh CFO sangat kompleks serta memikul tanggung jawab yang besar. Jadi, buat yang ingin menjadi seorang CFO, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Konsisten Mengembangkan Kemampuan Analitis

Kemampuan analitis sangat dibutuhkan oleh seorang CFO. Kamu akan sering melakukan analisis daripada bekerja langsung di lapangan. Maka dari itu, semakin tajam kemampuan analitismu, maka akan semakin baik. Jadi, coba secara konsisten untuk mengembangkan kemampuan analitis sedini mungkin.

Baca juga: 6 Kunci Sukses Meningkatkan Produktivitas dan Kepuasan Karyawan

2. Selalu Belajar Banyak Hal Baru

CFO tidak hanya berurusan dengan keuangan saja, tapi juga dengan banyak hal. Sebagai CFO, kamu akan menghadapi banyak masalah, mulai dari teknis pekerjaan, sifat investor atau client, dan lain-lain. Maka dari itu, kamu perlu belajar banyak hal baru agar bisa dengan mudah beradaptasi ketika menghadapi masalah.

3. Paham dengan Tren Terkini

Kamu perlu untuk memahami tren terkini jika ingin menjadi seorang CFO yang andal. Dengan mengetahui tren terkini, maka setiap keputusan yang diambil seorang CFO akan semakin efektif. Selain itu, seorang CFO juga bisa membuat strategi keuangan yang lebih optimal jika mengetahui tren yang sedang ramai.

4. Berorientasi pada Detail

Setiap keputusan yang diambil oleh CFO dapat memberikan dampak di banyak sisi di perusahaan. Maka dari itu, seorang CFO selalu berorientasi pada detail agar setiap keputusan yang dibuat bisa jelas dan dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan.

Bagaimana? Sudah paham kan tentang pekerjaan Chief Financial Officer? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu harus selalu belajar banyak hal baru dan terus mengembangkan kemampuan agar bisa menjadi seorang Chief Financial Officer. Meskipun pekerjaan yang satu ini terdengar sangat baik, bukan berarti pekerjaan lainnya itu buruk ya. Masih banyak kok pekerjaan lain yang prospek karirnya bagus dan menawarkan gaji yang tinggi.

Lalu, buat kamu yang sedang mencari kandidat Chief Financial Officer, kamu bisa mengandalkan bantuan dari RecruitFirst Indonesia. RecruitFirst bisa membantumu untuk melakukan rekrutmen dan beberapa kegiatan lain yang terkait. 

Tak hanya itu, RecruitFirst juga bisa memberikan solusi sesuai kebutuhan perusahaanmu sehingga proses rekrutmen bisa berjalan lebih optimal. Jadi, tunggu apalagi? Ayo cari kandidat terbaik untuk perusahaanmu bersama dengan RecruitFirst Indonesia.

Baca juga: 3 Manfaat Menjaga Hubungan Baik dengan Headhunter dan Caranya

Debby Lim
Author
Debby Lim

As the business leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings over 13 years of industry experience to the team. With a wealth of knowledge across various industries, Debby excels at handling diverse roles and delivering exceptional results.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *