7 Contoh Ice Breaking Seru untuk Membangun Team Bonding

RecruitFirst
Pengembangan Organisasi
30 Jun 2024
7 Contoh Ice Breaking Seru untuk Membangun Team Bonding

Saat ikatan atau hubungan di antara karyawan menurun, kinerja tim pun akan terpengaruh. Hal ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih membosankan karena komunikasi di tempat kerja tidak lagi menyenangkan. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, ice breaking adalah salah satu solusi tepat yang patut dicoba. Ice breaking bisa membantu mencairkan suasana dan membangun ikatan tim. Saat ini, banyak contoh ice breaking seru yang bisa diaplikasikan di kantor.

Nah, simak artikel ini sampai akhir untuk menemukan ide contoh ice breaking seru yang dapat dicoba di kantor!

Apa itu Ice Breaking?

Secara umum, ice breaking adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencairkan suasana. Istilah ice breaking sering kali digunakan dalam berbagai aktivitas, seperti seminar, rapat, maupun sesi pelatihan karyawan di kantor yang bertujuan untuk memecahkan ketegangan selama aktivitas tersebut berlangsung. 

Biasanya, pelaksanaan ice breaking akan dipimpin oleh seorang fasilitator yang bertugas untuk memandu dan memastikan semua peserta terlibat serta mengikuti instruksi sampai akhir. Pelaksanaan ice breaking dapat dilakukan di sela-sela waktu kerja, yaitu pukul 12.00 WIB atau setelah istirahat makan siang sebelum para karyawan melanjutkan pekerjaannya kembali.

Pelaksanaannya cukup dilakukan dalam waktu 5-10 menit saja. Jenis dan contoh ice breaking seru juga sangat bermacam-macam, seperti menyanyi, yel-yel, dan bermain games

Dalam merancang kegiatan ice breaking, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti penentuan permainan, penyesuaian waktu pelaksanaan, menyiapkan peralatan, nilai edukasi, dan faktor keselamatan.

Contoh Ice Breaking Seru dan Manfaatnya

Ada banyak contoh ice breaking seru yang bisa kamu coba dengan para rekan kerja di kantor. Adapun contoh ice breaking dalam ruangan dan manfaatnya adalah sebagai berikut.

1. Sambung Kata

Contoh ice breaking seru yang pertama adalah permainan sambung kata. Tata cara dalam permainan ini cukup mudah untuk diikuti. Pertama, pemandu akan memberikan instruksi pada karyawan pertama untuk menyebutkan satu kata secara acak.

Kemudian, karyawan berikutnya harus menyebutkan kata sebelumnya dan satu kata baru. Langkah-langkah tersebut dilakukan secara berulang sampai membentuk satu kalimat padu. Permainan sambung kata ini dapat melatih konsentrasi, fokus, dan daya ingat para karyawan.

2. Siapa Dia?

Selanjutnya, contoh ice breaking seru yang cukup sering dimainkan adalah permainan Siapa Dia. Pemandu akan menginstruksikan salah satu karyawan untuk memperkenalkan diri. Misalnya, Nama saya Juli dari divisi pemasaran.

Kemudian, karyawan berikutnya ditugaskan untuk menyebutkan identitas dari karyawan sebelumnya dan dilanjutkan perkenalan dirinya sendiri. Misalnya, teman saya bernama Juli dari divisi pemasaran. Saya Malik dari divisi keuangan.

Perkenalan tersebut dilakukan sampai semua karyawan mendapatkan gilirannya. Jika ada karyawan yang gagal menyebutkan nama dan divisi rekan kerjanya, maka ia harus bertanya langsung kepada yang bersangkutan. Melalui permainan ini, para karyawan menjadi lebih mengenal rekan kerjanya satu sama lain.

3. Ucapkan Objek

Contoh ice breaking dalam ruangan kantor selanjutnya yang dapat dimainkan adalah permainan ucapkan objek. Pertama, pemandu ice breaking akan menyebutkan nama suatu objek, misalnya nama buah.

Kemudian, para karyawan akan menyebutkan elemen-elemen dari nama buah, seperti jeruk, apel, mangga, dan lain sebagainya.

Penyebutan nama buah harus sesuai dengan huruf akhir nama buah sebelumnya. Misalnya, karyawan pertama menyebutkan apel, maka karyawan selanjutnya harus menyebutkan nama buah berawalan dari huruf L, seperti lemon.

Peserta harus bisa menyebutkan objek dalam waktu 5 detik. Jika tidak bisa, maka ia akan dinyatakan kalah. Permainan ini bisa melatih kecepatan berpikir para karyawan.

Baca juga: 7 Kegiatan Bonding Organisasi, Bantu Eratkan Hubungan Tim

4. Kuis Trivia Kantor

Kuis trivia kantor adalah salah satu contoh ice breaking seru untuk menguji pengetahuan karyawan mengenai prestasi, sejarah, budaya kerja, maupun value perusahaan. Permainan ini bisa menjadi cara yang menyenangkan bagi karyawan untuk mengenal lebih banyak tentang perusahaan. 

Pemandu harus mengajukan pertanyaan yang sudah disesuaikan dengan berbagai tingkatan pengetahuan karyawan. Hal ini agar semua karyawan bisa terlibat dan berpartisipasi dalam permainan ini. Kuis tersebut bisa membantu para karyawan saling berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain.

5. Ingat Kata

Contoh ice breaking dalam ruangan berikutnya adalah permainan Ingat Kata. Peserta harus mengingat kata-kata yang telah disebutkan. Misalnya, peserta pertama mengucapkan “Saya”, kemudian peserta kedua harus meneruskan kata tersebut, seperti “Saya berangkat”. 

Lalu, peserta ketiga pun harus melanjutkannya hingga pada peserta terakhir. Permainan ini akan terasa semakin sulit karena kata yang harus diingat akan semakin banyak. 

Permainan Ingat Kata biasanya dilakukan sampai ada peserta yang gagal mengingat kata yang diucapkan sebelumnya. Permainan ini bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat para peserta.

6. Trading Cards

Trading cards biasanya dilakukan agar setiap karyawan dalam kantor, terlebih tim bisa mengenal satu sama lain. Para peserta akan diminta menuliskan nama, hobi, minat, keahlian, dan fakta unik selama 5 menit dalam kertas atau kartu.

Setelah itu, kartu-kartu akan dikumpulkan dan dibagikan ke peserta secara acak. Kemudian, peserta akan membacakan kartu yang didapatkan dan memberikan pertanyaan pada peserta yang menulis kartu tersebut secara bergantian. Permainan ini dapat meningkatkan komunikasi internal tim.

7. Jenga Questions

Contoh ice breaking seru selanjutnya adalah permainan jenga questions. Pertama, pemandu harus menyiapkan jenga. Lalu, menuliskan berbagai macam pertanyaan pada blok jenga. Kemudian, para karyawan akan diberi waktu sekitar satu menit untuk menarik satu blok jenga dan menjawab pertanyaannya. 

Permainan ini dilakukan secara bergantian dan berakhir saat ada salah satu karyawan yang menjatuhkan blok jenga. Jenga questions bisa membantu para karyawan mengenal lebih dalam rekan kerjanya satu sama lain.

Baca juga: Apa itu Strategi Pengembangan Organisasi dan Prosesnya

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu ice breaking dan beberapa contoh ice breaking seru yang bisa diterapkan di kantor. Ice breaking membantu meningkatkan semangat kerja dan menciptakan lingkungan kerja yang baik.

Upaya membangun ikatan tim melalui ice breaking juga merupakan salah satu bentuk dari pengelolaan karyawan. Namun, terkadang hal ini bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan karena kemungkinan adanya kendala juga tidak bisa dipungkiri. Nah, bagi kamu yang sedang mengalami masalah tersebut, RecruitFirst adalah solusi yang tepat bagi permasalahanmu.

RecruitFirst merupakan perusahaan alih daya yang menyediakan jasa manajemen talenta. Dengan layanan jasa tersebut, RecruitFirst akan membantu dalam memberikan solusi digital terbaik agar bisnismu di bidang SDM (Sumber Daya Manusia) bisa berjalan dengan lancar.

RecruitFirst menawarkan berbagai layanan, salah satunya Outsourcing yang menawarkan layanan-layanan unggulan. Outsourcing memungkinkan kamu untuk menyiapkan proses rekrutmen, mengelola data karyawan, dan pelacakan absensi karyawan dengan lebih efektif dan efisien.

Tertarik untuk mencobanya? Segera hubungi kami dan tingkatkan kualitas bisnismu bersama RecruitFirst!

Baca juga: 15 Metode Pengembangan SDM yang Efektif bagi Perusahaan

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.