Cara Follow Up Hasil Interview beserta Contoh Pesannya

RecruitFirst
Saran Karir
30 Jun 2024
Cara Follow Up Hasil Interview beserta Contoh Pesannya

Kamu mungkin merasa senang ketika berhasil melewati serangkaian proses seleksi karyawan, terutama tahap interview. Namun, beberapa perusahaan terkadang tidak langsung memberi kabar terkait hasil seleksi. Oleh karena itu, penting untuk mengambil tindakan follow up hasil interview untuk menunjukkan inisiatif dan ketertarikan kamu terhadap posisi tersebut.

Nah, di artikel ini akan dibahas secara detail mengenai cara follow up hasil interview, mulai dari mengapa follow up penting untuk dilakukan, beserta contoh pesannya. Yuk, simak hingga akhir.

Mengapa Follow Up Hasil Interview Penting? 

Untuk beberapa alasan, melakukan follow up hasil interview menjadi salah satu langkah penting dalam proses mencari pekerjaan. Pertama, follow up menunjukkan kesungguhan dan ketertarikan kamu terhadap posisi dan perusahaan tersebut. 

Kedua, follow up menunjukkan bahwa kamu adalah individu yang proaktif, perhatian terhadap detail, dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Terakhir, follow up membantu kamu mendapat kejelasan mengenai apakah kamu diterima atau tidak. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk melamar pekerjaan lain seandainya tidak diterima. 

Baca juga: Perbedaan CV dan Resume, Serta Elemen Penting di Dalamnya!

Tips Melakukan Follow Up Hasil Interview 

Mungkin kamu sempat bertanya-tanya mengenai apakah boleh menanyakan hasil interview atau tidak? Jawabannya tentu saja boleh. Hal ini karena perekrut juga pasti paham bahwa kejelasan hasil interview sangatlah penting bagi kamu sebagai pelamar. 

Namun, dalam melakukan follow up, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu terapkan agar pihak recruiter tidak merasa diburu-buru. Simak penjelasan berikut ini agar pesan follow up kamu meninggalkan kesan yang baik terhadap pihak recruiter.

1. Pilih Waktu yang Tepat 

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan follow up hasil interview adalah pemilihan waktunya. Sebaiknya, lakukan follow up 5-7 hari setelah wawancara untuk menunjukkan sikap penghargaan terhadap proses seleksi di perusahaan tersebut.

Selain memberi kesan bahwa kamu adalah kandidat yang sabar dan berpikiran matang, pertimbangan ini juga dapat meningkatkan kesempatan kamu untuk mendapat tanggapan yang positif.

2. Gunakan Metode yang Sesuai

Dalam konteks pekerjaan, email menjadi metode yang paling umum digunakan karena terkesan lebih profesional. Namun, kamu bisa menyesuaikan dengan metode apa yang digunakan oleh pihak perusahaan ketika pertama kali menghubungi kamu, entah itu melalui email atau pesan WhatsApp.  

3. Tunjukkan Ketertarikan 

Bagian ini paling penting untuk dilakukan ketika mengirim pesan follow up. Pastikan untuk menegaskan kembali minat kamu terhadap perusahaan dan posisi yang dilamar. Misalnya, kamu dapat menyoroti value perusahaan yang sejalan dengan nilai pribadi kamu, atau proyek-proyek yang sedang dijalankan oleh perusahaan yang sesuai dengan skills dan pengalaman kamu. 

Sampaikan bahwa kamu berharap dapat menjadi bagian dari tim tersebut dan berkontribusi secara positif. Selain itu, jangan lupa sampaikan keingintahuan kamu terkait perkembangan seleksi sesuai dengan tujuan awal.

4. Jaga Kesopanan dan Profesionalisme 

Menggunakan bahasa yang sopan adalah satu aspek yang tidak kalah penting dalam melakukan follow up. Pertama, jangan lupa ekspresikan rasa terima kasih kamu atas kesempatan wawancara yang telah diberikan, lalu baru jelaskan kembali mengenai minat dan kesesuaian kamu dengan posisi yang dilamar. Hindari memberi kesan terlalu memaksa agar perekrut tidak tersinggung.

Baca juga: Begini Perkenalan Diri saat Interview untuk Fresh Graduate

Contoh Pesan Follow Up Hasil Interview yang Profesional

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika mengirim pesan follow up, maka berikut adalah cara menanyakan hasil interview secara profesional dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

1. Contoh Follow Up Hasil Interview Bahasa Indonesia

Subjek: Follow Up Hasil Interview – [Posisi yang Dilamar] 

Yang Terhormat, [nama perekrut atau pewawancara],

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan wawancara yang telah diberikan untuk posisi [nama posisi] di [nama perusahaan] pada [tanggal wawancara]. Saya sangat menikmati perbincangan kita tentang [sebutkan topik menarik yang dibahas selama wawancara] dan mempelajari lebih lanjut tentang [sebutkan hal menarik yang kamu pelajari tentang perusahaan atau posisi].

Berdasarkan kesempatan interview kemarin, saya semakin yakin bahwa saya memiliki keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan, yaitu [sebutkan keterampilan dan pengalaman yang relevan] sehingga dapat memberikan kontribusi secara signifikan bagi [posisi/nama perusahaan]. Saya sangat berharap bisa bergabung dengan tim Anda dan [sebutkan hal yang ingin kamu capai di posisi tersebut].

Saya menantikan kabar baik dari Anda mengenai proses rekrutmen ini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut dari saya, jangan ragu untuk menghubungi saya di [alamat email] atau [nomor WhatsApp].

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda.

Hormat saya,

[Nama Lengkap]

2. Contoh Pesan Follow Up Hasil Interview Bahasa Inggris

Subject: Follow-Up on Interview – [Posisi yang Dilamar] 

Dear [nama perekrut atau pewawancara],

I hope this message finds you well. I am writing to express my sincere appreciation for the interview opportunity as [nama posisi] at [nama perusahaan] on [tanggal wawancara]. It was a pleasure discussing [sebutkan topik menarik yang dibahas selama wawancara] and gaining further insights into [sebutkan hal menarik yang kamu pelajari tentang perusahaan atau posisi].

After reflecting on our conversation, I am confident that my skills and experiences in [sebutkan keterampilan dan pengalaman yang relevan] align well with the needs of  [posisi/nama perusahaan]. I am genuinely excited about the possibility of joining your team and [sebutkan hal yang ingin kamu capai di posisi tersebut].

Thank you again for your time and consideration. I am very interested in this opportunity and look forward to hearing from you soon. In the meantime, please do not hesitate to contact me if you have any further questions. 

Warm regards,

[Nama Lengkap]

Itulah penjelasan mengenai follow up hasil interview beserta contoh pesannya. Terlepas dari bagaimana hasilnya nanti, mengambil inisiatif untuk melakukan follow up interview bisa saja memberikan kamu peluang lolos yang lebih besar. Namun, sembari menunggu hasil, jangan lupa untuk tetap memanfaatkan sumber daya dan waktu yang kamu miliki dengan melamar pekerjaan yang lain.

RecruitFirst bisa menjadi platform yang akan membantumu mendapatkan pekerjaan. Kamu tinggal mengeksplorasi berbagai daftar lowongan kerja di RecruitFirst lalu lamar pada posisi yang kamu inginkan, mulai dari pekerjaan luar negeri maupun luar negeri. Yuk, mulai mencari pekerjaan bersama RecruitFirst sekarang!

Baca juga: Cara Mencari Pekerjaan via Online yang Aman bagi Jobseeker!

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.