10 Keahlian dalam CV untuk Fresh Graduate agar Dilirik HRD!

RecruitFirst
Tips Mencari Kerja
29 Feb 2024
10 Keahlian dalam CV untuk Fresh Graduate agar Dilirik HRD!

Walaupun minim pengalaman, setidaknya seorang fresh graduate harus memiliki beberapa keterampilan dasar untuk menarik perhatian HRD. Adapun keahlian dalam CV untuk fresh graduate harus meliputi soft skill, seperti problem solving, serta hard skill yang melibatkan kemampuan berbahasa asing.

Dengan menambahkan keahlian tersebut, perusahaan akan melihatmu sebagai seorang fresh graduate dengan kelebihan yang patut dipertimbangkan, sehingga kesempatan untuk lanjut ke tahap rekrutmen berikutnya akan lebih besar. Lantas, apa saja keahlian dalam CV untuk fresh graduate yang harus dimiliki? Temukan jawabannya di sini!

Contoh Keahlian dalam CV untuk Fresh Graduate

Banyak fresh graduate yang sering merasa kurang percaya diri saat melamar pekerjaan karena pengalamannya terbatas. Untungnya, masalah tersebut bisa diatasi dengan menambahkan kemampuan dan keahlian dalam CV seperti berikut ini.

1. Problem Solving

Pertama, seorang fresh graduate harus memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah (problem solving). Sebab, perusahaan akan mengharapkan kemampuanmu untuk menyelesaikan suatu masalah secara logis dan objektif, tanpa memicu timbulnya masalah baru.

Dengan keahlian ini, kamu bisa mengidentifikasi masalah, mencari tahu penyebabnya, dan memikirkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Bahkan, keahlian ini juga memungkinkanmu untuk mengubah tantangan menjadi peluang, lho.

2. Manajemen Waktu

Keahlian dalam CV untuk fresh graduate selanjutnya adalah manajemen waktu. Keahlian ini sangat penting untuk dimiliki karena perusahaan tidak menginginkan karyawan yang kurang produktif dan sering terlambat dalam menyelesaikan tugas.

Supaya kamu bisa memiliki keahlian ini, mulailah menata kegiatan sehari-hari berdasarkan prioritas dan atur waktunya secara efektif. Dengan begitu, kamu akan terbiasa untuk menyelesaikan tugas dan proyek sesuai deadline yang ditetapkan. Adapun contoh jenis pekerjaan yang sangat mengutamakan skill ini yaitu akuntan, social media marketing, dan content creator.

3. Interpersonal

Salah satu keahlian dalam CV untuk fresh graduate adalah interpersonal, yakni kemampuan untuk membangun hubungan profesional dengan berbagai pihak, termasuk rekan kerja, klien, dan lainnya.

Keahlian ini dapat memengaruhi kerja sama tim, hubungan dengan pelanggan, dan jaringan profesional yang dimiliki. Terlebih lagi, jika kamu berencana untuk melamar sebagai ahli komunikasi, guru, psikolog, konselor, dan HRD, maka keahlian yang satu ini wajib dicantumkan.

Adapun cara mengembangkan keahlian interpersonal yaitu dengan belajar menghargai dan menghormati setiap individu, menumbuhkan etos kerja yang baik, serta membangun komunikasi yang efektif.

Baca juga: Tren Perekrutan dan Panduan Gaji untuk Pencari Kerja (Sektor Teknologi)

4. Kepemimpinan

Seorang fresh graduate juga diharapkan untuk memiliki kemampuan leadership atau kepemimpinan. Meski begitu, bukan berarti kamu harus menjadi pemimpin terlebih dahulu untuk memperoleh kemampuan yang satu ini.

Pada dasarnya, kepemimpinan seseorang dapat tercermin dari tingkat kepercayaan dirinya, cara dalam mengambil keputusan yang bijaksana, dan kemampuannya dalam memengaruhi, membimbing, dan memotivasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Maka dari itu, soft skill ini akan sangat diperlukan guna keberhasilan tim dan perusahaan secara keseluruhan.

5. Komunikasi

Skill komunikasi, baik secara verbal maupun non-verbal, juga termasuk macam-macam keahlian dalam CV untuk fresh graduate. Skill ini meliputi keahlian dalam berbicara, presentasi, negosiasi, penyampaian ide, dan mendengarkan dengan baik.

Walaupun sederhana, tetapi tanpa kemampuan komunikasi yang baik, bisa saja kamu menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan tugas karena bekerja itu tidak selalu dilakukan sendiri. Adapun pekerjaan tertentu yang sangat membutuhkan keterampilan ini yaitu wartawan, penyiaran, komunikasi pemasaran, dan hubungan masyarakat.

6. Kerja Sama Tim

Kerja sama tim memiliki pengaruh yang besar terhadap keberhasilan perusahaan. Bahkan, dengan membangun kerja sama tim yang solid, seperti saling terbuka untuk bertukar ide dan menjaga komunikasi yang efektif, dapat menciptakan lingkungan kerja yang ideal.

Oleh sebab itu, skill ini sangat penting dimasukkan sebagai keahlian dalam CV untuk fresh graduate, terutama bagi kamu yang ingin melamar sebagai hubungan masyarakat, social media marketing, content creator, web developer, UI/UX designer, dan lain-lain.

7. Kemampuan Analisis

Keahlian dalam CV untuk fresh graduate yang berikutnya adalah kemampuan untuk menganalisis berbagai macam informasi dengan baik. Keahlian ini juga dapat digunakan untuk mengevaluasi tren terbaru yang sedang berkembang saat ini. Dengan begitu, kamu bisa memberikan hasil pekerjaan yang memuaskan dan secara tidak langsung, turut berperan dalam mengembangkan perusahaan.

Baca juga: Apa Itu Focus Group Discussion: Tips Jitu Rekrutmen Sukses!

8. Mudah Beradaptasi dan Fleksibel

Meskipun pengalaman kerja masih terbatas, perusahaan akan mengharapkanmu untuk mampu beradaptasi dengan cepat dan fleksibel. Keahlian ini juga akan mencerminkan bahwa kamu termasuk pribadi yang optimis dan bisa menghadapi perubahan situasi secara tenang. Jadi, perusahaan pun tidak perlu khawatir terkait adanya penurunan produktivitas kerja.

9. Mempelajari Bahasa Asing

Saat ini, banyak perusahaan yang mencari calon karyawan yang mampu berbahasa asing, baik bahasa Inggris, Korea, Perancis, dan lain-lain. Sebab, kemampuan ini dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya sampai skala internasional.

Tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, skill ini juga bisa membuka peluang bagi kamu untuk bekerja di perusahaan asing, lho. Namun, jangan lupa sertakan sertifikasi bahasa yang dimiliki supaya perusahaan bisa melihat bukti yang nyata dari kemampuan ini, ya.

Adapun jenis pekerjaan yang memerlukan kemampuan bahasa asing yaitu jurnalis, penerjemah bahasa, pramugari, diplomat, hubungan masyarakat, HRD, dan karyawan di perusahaan multinasional.

10. Paham Dasar Software Komputer

Terakhir, keahlian dalam CV untuk fresh graduate adalah memahami dasar-dasar penggunaan software komputer. Pasalnya, sudah banyak perusahaan yang mengandalkan kecanggihan teknologi saat ini untuk mengefisienkan pekerjaannya.

Terkait hal ini, setidaknya kamu harus bisa mengoperasikan beberapa software, seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft OneNote, dan Microsoft Outlook, serta aplikasi komputer lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan yang hendak dilamar.

Sekian uraian terkait keahlian dalam CV untuk fresh graduate yang perlu kamu ketahui. Dengan mengasah keahlian tersebut, kamu bisa tampil sebagai calon karyawan yang berkualitas di mata HRD, terlepas dari pengalamanmu yang terbatas.

Setelah melengkapi CV dengan kemampuan di atas, kamu bisa langsung melamar ke lowongan pekerjaan yang tersedia lewat RecruitFirst. RecruitFirst siap membantumu menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu. Namun, jika belum ada perusahaan yang cocok, kamu tidak perlu khawatir karena RecruitFirst akan segera memberi tahumu apabila ada peluang pekerjaan yang baru.

Ayo, segera daftarkan dirimu dan jangan lewatkan informasi terkini mengenai lowongan pekerjaan dari RecruitFirst. Semoga berhasil!

Baca juga: 5 Tips Jitu Mendapatkan Pekerjaan Tidak Sesuai Jurusan

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.