Logo RF White

Managing Partner – Definisi, Tugas, dan Peran Pentingnya

RecruitFirst
Learning from Recruiter
29 Mar 2024
Managing Partner – Definisi, Tugas, dan Peran Pentingnya

Para pebisnis tentu sudah tidak asing lagi tentang peran managing partner dalam struktur organisasi perusahaan. Managing partner adalah peran yang pasti akan kamu temukan pada perusahaan yang didirikan oleh beberapa pemilik saham. 

Meski didirikan oleh banyak orang, namun tentunya tidak semuanya bisa memimpin perusahaan karena hal ini justru dapat memicu konflik. Itulah sebabnya, kehadiran managing partner sangat dibutuhkan. Mari simak pembahasan selengkapnya tentang apa itu managing partner dalam ulasan di bawah ini.

Apa itu Managing Partner?

Managing partner artinya seseorang yang mewakili individu-individu yang mempunyai kepentingan kepemilikan di perusahaan serta mengelola kegiatan operasional bisnis sehari-hari. Posisi ini biasanya terdapat pada perusahan yang terstruktur sebagai kemitraan atau perseroan terbatas (PT).

Pada dasarnya, peran managing partner sama dengan CEO karena sama-sama menerapkan dan mengelola strategi yang berkaitan dengan misi dan visi perusahaan. Bedanya, CEO melapor pada dewan direksi, sedangkan managing partner melapor pada komite eksekutif yang terdiri dari mitra lain untuk mendapatkan persetujuan.

Baca juga: Apa Itu Delegasi dan Prosedur untuk Melakukannya dengan Baik di Perusahaan

Tugas Managing Partner

Tanggung jawab utama seorang managing partner adalah memastikan segala aktivitas operasional bisnis sehari-hari berjalan dengan lancar. Guna mencapai hal tersebut, beberapa tugas yang biasanya dilakukan oleh managing partner adalah sebagai berikut.

1. Membuat Perencanaan dan Kebijakan

Tugas pertama managing partner adalah merencanakan strategi atau kebijakan dalam perusahaan sekaligus menerapkannya. Biasanya, managing partner akan berkolaborasi dengan para komite eksekutif untuk membuat perencanaan ini.

2. Manajemen Keuangan dan Pajak

Selanjutnya, managing partner juga memiliki tanggung jawab terhadap manajemen keuangan dan pajak perusahaan. Itulah mengapa, orang dengan posisi ini memerlukan keahlian dalam mengelola keuangan, mulai dari mengatur pembagian keuntungan perusahaan dan pajak, serta pengeluaran perusahaan, seperti pembagian gaji karyawan.

3. Juru Bicara

Peran lain dari managing partner adalah menjadi juru bicara antara karyawan dan para komite eksekutif. Mereka juga menjadi perantara antara pemegang saham atau komite eksekutif dengan para sponsor, media, atau stakeholder lainnya. 

4. Manajemen Kantor dan Karyawan

Karena bertanggung jawab memastikan kegiatan operasional berjalan lancar, maka managing partner juga harus mengurus manajemen kantor dan karyawan. Hal tersebut meliputi monitoring performa karyawan dan memastikan peralatan kantor dapat berfungsi dengan baik.

5. Melakukan Evaluasi Kinerja

Setelah menjalankan strategi yang sudah dibuat sebelumnya, managing partner harus melakukan evaluasi, baik pada personil karyawan maupun perusahaan. Bila dirasa strategi tersebut kurang efektif untuk mengembangkan perusahaan maka mereka bisa mengimplementasikan perusahaan yang diperlukan.

Baca juga: Mengenal People Analytics dan Manfaatnya untuk Membantu Tugas HR

Peran Penting Managing Partner bagi Perusahaan

Managing partner berperan penting dalam perusahaan untuk menghindari adanya konflik antara pemimpin. Pada perusahaan yang didanai bersama, tentu akan ada lebih dari satu pemilik. Bila keseluruhan pemilik tersebut memimpin perusahaan maka justru bisa memicu kekacauan, misalnya perselisihan pendapat.

Dengan adanya managing partner maka komando dalam perusahaan akan dijalankan oleh satu orang, namun tetap melibatkan suara dari pemilik perusahaan lainnya. Hal ini tentu akan meminimalisasi adanya perselisihan dalam pengambilan keputusan.

Tips Memilih Managing Partner yang Tepat

Managing partner adalah posisi yang tidak bisa diisi oleh sembarang orang. Biasanya, para komite eksekutif akan memilih salah satu dari pemilik perusahaan, namun bisa juga orang lain. Bila mengingat peran penting managing partner untuk suatu bisnis maka yang mengisi posisi tersebut sebaiknya memiliki sepak terjang yang baik dalam mengelola perusahaan.

Bila membutuhkan managing partner untuk perusahaanmu, kamu sebaiknya memilihnya dengan teliti agar misi dan visi perusahaan bisa berjalan dengan baik. Maka dari itu, jika kamu memerlukan bantuan dalam hal ini, RecruitFirst siap membantumu menemukan pemimpin unggul bagi perusahaan.

Layanan Executive Search dari RecruitFirst akan membantu perusahaan dalam proses pencarian dan perekrutan eksekutif berbakat dengan dedikasi tinggi untuk mendorong keberhasilan perusahaanmu.

Tidak perlu khawatir, RecruitFirst akan membantu proses seleksi dari tahap awal, mulai dari pengumpulan data, penawaran profil kandidat, tahap wawancara, pengecekan referensi kandidat, hingga penerimaan kandidat.

Mengapa harus RecruitFirst? Kami memiliki strategi khusus dalam mencari talenta, memberikan rekomendasi kandidat yang tepat, memastikan proses onboarding berjalan lancar, bahkan melakukan follow-up secara berkala. Yuk, hubungi kami dan dapatkan layanan Executive Search sekarang juga!

Baca juga: Mengenal Posisi General Affair serta Tugas dan Fungsinya dalam Perusahaan

Debby Lim
Author
Debby Lim

As the business leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings over 13 years of industry experience to the team. With a wealth of knowledge across various industries, Debby excels at handling diverse roles and delivering exceptional results.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *