Logo RF White

5 Contoh Jawaban Motivasi Melamar Kerja untuk Fresh Graduate

RecruitFirst
Learning from Recruiter
14 Mar 2024
5 Contoh Jawaban Motivasi Melamar Kerja untuk Fresh Graduate

Para HRD sering memberi pertanyaan tentang motivasi melamar kerja untuk fresh graduate yang melamar di perusahaan mereka. Sekilas terlihat sederhana, tapi pertanyaan tersebut sering kali membuat para fresh graduate kesusahan.

Rasa gugup dan minder karena kalah pengalaman dengan kandidat lain sering membuat fresh graduate kurang maksimal dalam menjawab pertanyaan ini maupun pertanyaan lain ketika interview.

Nah, buat kamu para fresh graduate, jangan minder karena ada kelebihan fresh graduate yang bisa kamu tonjolkan. Kamu hanya perlu menyusun jawabannya dengan tepat.

Berikut beberapa contoh jawaban dari pertanyaan motivasi melamar kerja yang bisa kamu pakai sebagai referensi.

Contoh Motivasi Melamar Kerja untuk Fresh Graduate

Salah satu tahap rekrutmen adalah interview. Dalam tahap ini, para kandidat akan diberi pertanyaan secara langsung oleh HRD rekrutmen yang bertugas. Salah satu pertanyaan yang susah untuk dijawab adalah motivasi melamar kerja. Berikut adalah contoh cara menjawab pertanyaan motivasi melamar kerja untuk fresh graduate.

1. Jujur Apa Adanya

Cara menjawab motivasi melamar kerja untuk fresh graduate yang paling bagus adalah dengan berkata  jujur apa adanya. Tidak perlu berlebihan, kamu cukup berikan jawaban yang jujur. Para HRD yang profesional sudah sangat paham dengan gelagat kandidat yang berbohong. 

Selain itu, dengan menjawab suatu pertanyaan dengan jujur, kamu jadi bisa lebih tenang. Kejujuran juga bisa menjaga kredibilitas kamu. Maka dari itu, menjawab dengan jujur bisa menjadi solusi paling bagus.

Berikut merupakan contoh motivasi melamar kerja yang jujur:

Jujur saja, sejak kecil saya sering sakit-sakitan. Dan karena hal itu juga, saya jadi sering berinteraksi dengan para perawat di rumah sakit. Mereka selalu sabar dan punya cara-cara unik untuk membuat saya tenang dan mau untuk disuntik. Menyadari hal tersebut, saya jadi termotivasi untuk menjadi seorang perawat andal yang bisa membantu banyak pasien untuk sembuh.”

2. Hubungkan dengan Kemampuan dan Pengalaman

Untuk menghadapi pertanyaan tentang motivasi melamar kerja di perusahaan, kamu para fresh graduate bisa menghubungkannya dengan kemampuan atau pengalaman yang kamu punya semasa kuliah.

Selagi masih relevan dengan pekerjaan yang dilamar, kamu bisa menghubungkan kemampuan dan pengalaman tersebut untuk menjawab pertanyaan tentang motivasi kerja. Berikut contoh jawaban pertanyaan motivasi melamar kerja untuk fresh graduate jika dikaitkan dengan pengalaman atau kemampuan:

Saya sering menjadi videografer di kepanitiaan acara kampus. Semenjak itu, saya jadi semakin termotivasi untuk menjadi videografer profesional dan bergabung di perusahaan besar seperti perusahaan ini.

Baca juga: 12 Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja, Catat!

3. Hubungkan dengan Budaya Perusahaan

Cara menjawab pertanyaan motivasi melamar kerja untuk fresh graduate selanjutnya adalah dengan mempelajari budaya perusahaan yang akan kamu lamar. Setiap perusahaan tentunya memiliki budaya tersendiri, dan dengan mengetahui budaya tersebut kamu bisa memanfaatkannya.

Kaitkan saja budaya tersebut dengan motivasi melamar kerja kamu. Hal tersebut akan memberikan nilai lebih karena kamu jadi terlihat lebih serius dengan mengetahui banyak hal tentang perusahaan tersebut. Berikut contoh jawabannya:

Saya sangat menyukai tempat kerja yang profesional tapi santai dan bebas. Menurut saya, pekerjaan profesional tak selalu harus kaku dan memakai setelan kemeja ketika bekerja. Begitu melihat suasana kerja perusahaan ABC sangat fun tapi tetap profesional, saya jadi semakin termotivasi untuk bisa bergabung dengan perusahaan ini.

4. Hubungkan dengan Rencana Karir

Menunjukkan rencana karir bisa menjadi jawaban terbaik atas pertanyaan motivasi melamar kerja untuk fresh graduate. Tak perlu terlalu rinci, kamu hanya perlu tunjukkan pada perusahaan bahwa kamu ingin terus berkembang setiap waktunya.

Rencana karir bisa kamu gunakan untuk meyakinkan para HRD bahwa kamu benar-benar serius dan bertanggung jawab terhadap posisi yang sedang kamu lamar. Berikut merupakan contoh jawabannya:

Dalam 3 tahun, saya berencana untuk mendirikan website saya sendiri. Maka dari itu saya sangat termotivasi untuk memperkaya pengalaman saya di bidang SEO dengan menjadi SEO Specialist di perusahaan ini.

5. Beri Contoh Peristiwa

Tips terakhir menjawab pertanyaan motivasi melamar kerja untuk fresh graduate adalah dengan memberikan contoh peristiwa langsung. Jika kamu pernah mengalami suatu peristiwa yang relevan dengan posisi yang kamu lamar, ceritakan saja.

Dengan memberikan contoh peristiwa secara langsung, HRD bisa mengetahui pengalaman kamu yang relevan dengan posisi yang saat ini kamu lamar. Sebisa mungkin jangan berlebihan, ceritakan secara sederhana dan yang paling penting jangan berbohong.

Berikut merupakan contoh jawabannya:

Saya sangat menyukai profesi fotografer karena saya bisa mengabadikan banyak momen bahagia. Pernah ada satu kejadian ketika saya menjadi panitia acara wisuda di kampus. Waktu itu saya menjadi staff dokumentasi dan mendokumentasikan foto keluarga beberapa senior saya yang sudah lulus. Saya masih ingat senyuman mereka ketika melihat hasil fotonya. Sejak saat itu, saya semakin termotivasi untuk menjadi fotografer profesional dan mengabadikan banyak momen bahagia dari semua orang.

Beberapa contoh di atas bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk menjawab pertanyaan motivasi melamar kerja untuk fresh graduate. Terus percaya diri dan tetap tenang, tunjukkan kepada HRD bahwa kamu adalah kandidat yang terbaik.

Buat kamu yang masih bingung mencari lowongan pekerjaan, kamu bisa mencarinya lewat RecruitFirst. Di sini, kamu bisa mencari banyak lowongan pekerjaan di Indonesia maupun luar negeri dari berbagai bidang industri. So, tunggu apa lagi? Ayo, cari pekerjaan pertama kamu lewat RecruitFirst!.

Baca juga: 13 Ciri Lingkungan Kerja yang Baik dan Ideal bagi Karyawan

Debby Lim
Author
Debby Lim

As the business leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings over 13 years of industry experience to the team. With a wealth of knowledge across various industries, Debby excels at handling diverse roles and delivering exceptional results.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *