Logo RF White

Apa itu Pemberdayaan SDM dan Bagaimana Perusahaan dapat Melakukannya

RecruitFirst
Learning from Recruiter
20 Nov 2023
Apa itu Pemberdayaan SDM dan Bagaimana Perusahaan dapat Melakukannya

Karyawan adalah aset berharga bagi perusahaan kamu. Merekalah yang menjadi garda terdepan dalam menjalankan operasional sehari-hari serta mewujudkan visi perusahaan yang besar. Potensi yang ada dalam diri karyawan merupakan faktor kunci dalam mencapai kesuksesan. Kamu harus memanfaatkan Sumber Daya Manusia yang ada di perusahaan sebaik-baiknya dengan melakukan pemberdayaan SDM.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud pemberdayaan SDM ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Memahami Konsep Pemberdayaan SDM

Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah program perusahaan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan karyawan yang bekerja di dalamnya. Dalam program ini, karyawan diberikan pelatihan, dukungan, dan tanggung jawab untuk menghasilkan performa luar biasa dalam pekerjaannya. Alhasil, karyawan merasa bersemangat, termotivasi, dan benar-benar terlibat dalam pencapaian tujuan perusahaan melalui pemberdayaan SDM.

Konsep pemberdayaan SDM yang perlu dipahami adalah memberikan kemampuan untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Di sini, karyawan dilatih dan diberdayakan agar lebih mahir pekerjaannya. Tentunya pemberdayaan SDM tidak lepas dari program pelatihan.

Tidak hanya itu, pemberdayaan SDM juga melibatkan dukungan emosional dan dukungan psikologis untuk karyawan. Mereka ingin merasa didengarkan dan didukung dalam menjalani perannya. Dukungan ini membuat mereka merasa dihargai dan makin termotivasi untuk memberikan performa terbaik.

Pemberdayaan SDM juga melibatkan tanggung jawab tambahan. Karyawan didorong untuk mengambil peran yang lebih besar serta diberikan kepercayaan dan kebebasan untuk membuat keputusan yang lebih besar dan penting.

Tujuan Pemberdayaan SDM

Lantas, mengapa pemberdayaan SDM merupakan program yang tidak bisa diabaikan dalam perusahaan? Pasalnya, pemberdayaan SDM memiliki beberapa tujuan utama, yaitu:

1. Menghasilkan Performa Kerja yang Baik

Dengan memberdayakan karyawan, kamu dapat meningkatkan performa kerja secara signifikan. Ketika karyawan memiliki kendali atas pekerjaannya dan merasa didukung, mereka cenderung bekerja lebih efisien dan efektif.

2. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Produktivitas adalah kunci keberhasilan perusahaan. Melalui pemberdayaan SDM, kamu dapat membantu karyawanmu dalam meningkatkan produktivitas mereka. Mereka merasa lebih terlibat dalam pekerjaannya, yang pada akhirnya mampu memberikan hasil yang lebih baik.

3. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Karyawan yang merasa diberdayakan cenderung lebih setia kepada perusahaan. Mereka merasa dihargai dan memiliki hubungan yang lebih positif dengan perusahaan. Tingkat pergantian karyawan atau turnover bisa diminimalkan melalui pemberdayaan SDM.

4. Memberdayakan Karyawan

Pemberdayaan SDM memberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang kepada karyawan. Mereka memiliki lebih banyak kepercayaan diri dan kemampuan untuk mengambil inisiatif dalam pekerjaannya. Tujuan ini tentunya menciptakan tim kerja yang lebih kompeten dan berdaya saing di perusahaan.

5. Menciptakan Budaya Perusahaan yang Positif

Dalam perusahaan yang menerapkan pemberdayaan SDM, budaya positif sering kali muncul secara alami. Karyawan merasa dihargai, didengarkan, dan didukung jika pemberdayaan SDM terus dilakukan. Hal ini menciptakan atmosfer kerja yang lebih menyenangkan dan produktif sehingga karyawan lebih nyaman dalam bekerja.

Strategi Pemberdayaan SDM yang Efektif

Wah, menarik, ya melihat tujuan pemberdayaan SDM di atas? Lantas, bagaimana strategi pemberdayaan SDM yang dapat diterapkan di perusahaan? Kamu bisa mencoba lima cara di bawah ini.

1. Memberikan Apresiasi kepada Karyawan

Setiap orang senang mendengar kata-kata yang apresiatif. Oleh karena itu, kamu perlu memberikan apresiasi kepada karyawan. Dengan memberikan pujian dan pengakuan atas kerja keras karyawan, kamu bisa memberikan dorongan besar pada semangat dan motivasi mereka. Kamu juga membuat mereka merasa diakui sebagai bagian krusial dari perusahaan. Jadi, jangan ragu untuk mengucapkan terima kasih kepada karyawanmu ketika mereka memberikan kontribusi yang luar biasa.

2. Memberikan Pelatihan

Karyawan juga memerlukan pelatihan yang sesuai agar tetap bisa bekerja dan berkontribusi dengan optimal di perusahaan. Berikan pelatihan yang relevan dan bermanfaat supaya karyawan bisa memperoleh keterampilan baru dan meningkatkan kualitas pekerjaannya di tempat kerja. Mereka juga bisa meningkatkan rasa percaya diri untuk menghadapi tugas-tugas yang lebih menantang. Ingat, ketika kamu mempunyai karyawan yang terampil, perusahaan pun lebih unggul di tengah persaingan.

3. Melakukan Program Coaching dan Mentoring

Karyawan terhebat sekali pun membutuhkan bimbingan tambahan. Dalam hal ini, kamu bisa mengadakan program coaching dan mentoring. Ajak karyawan untuk terlibat dalam program ini biar mereka memperoleh kesempatan belajar dari para ahlinya sekaligus mendapatkan panduan yang berharga. Program coaching dan mentoring termasuk cara yang efektif untuk mengembangkan keterampilan dan membantu karyawan tumbuh dalam perannya.

4. Mendorong Keterlibatan dalam Pengambilan Keputusan

Kamu bisa memberdayakan karyawan dengan mendorong mereka untuk terlibat dalam pengambilan keputusan. Biarkan mereka berbicara mengenai ide dan pendapatnya setiap mengadakan meeting. Namun, jangan lupa untuk mendengarkan pandangan karyawan supaya mereka tetap merasa dihargai. Strategi ini akan menciptakan ikatan yang kuat antara karyawan dan perusahaan. Ketika karyawan merasa bahwa suaranya didengarkan, mereka lebih termotivasi dan terlibat dalam aktivitas perusahaan.

5. Menerapkan Teknologi yang Mendukung

Dalam era digital ini, teknologi adalah alat yang sangat berguna dalam membantu pekerjaan karyawan. Dengan menerapkan teknologi yang mendukung, kamu bisa memberikan karyawan akses ke alat-alat yang dapat membantu mereka dalam mengerjakan tugas sehari-hari. Langkah ini juga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

Untuk kamu yang menangani Sumber Daya Manusia di perusahaan, gunakanlah aplikasi HRIS dari RecruitFirst. Di sini, kamu bisa mengelola aspek SDM secara komprehensif, seperti manajemen cuti, mengatur timesheet dan jadwal kerja karyawan, hingga penggajian. Hubungi kami untuk mulai menggunakan RecruitFirst agar manajemen dan pemberdayaan SDM di perusahaan kamu berjalan lebih mulus!

Debby Lim
Author
Debby Lim

As the business leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings over 13 years of industry experience to the team. With a wealth of knowledge across various industries, Debby excels at handling diverse roles and delivering exceptional results.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *