12 Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja, Catat!

RecruitFirst
Tips Mencari Kerja
29 Feb 2024
12 Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja, Catat!

Ketika mencari kerja, kamu tentunya harus memahami job requirement yang dicari oleh perusahaan. Di mana, biasanya perusahaan tidak hanya mencantumkan hard skill melainkan juga soft skill. Berkaitan dengan ini, ada beragam soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja, seperti kreativitas dan kemampuan komunikasi.

Perlu diketahui, mempunyai kemampuan dan pemahaman akan soft skill bisa membantu kamu dalam beradaptasi dan mengatasi berbagai masalah di dunia kerja nantinya. Maka dari itu, kamu sebaiknya menguasai sejumlah soft skill, khususnya yang dibutuhkan dalam posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Lantas, apa saja soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja sehingga perlu dipersiapkan seawal mungkin? Yuk, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui jawabannya!

Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Soft skill adalah kemampuan dasar yang dimiliki seseorang secara emosional. Dengan soft skill tertentu, karyawan akan lebih cepat menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi selama bekerja.

Dalam hal ini, ada beragam soft skill yang harus dikuasai oleh karyawan, antara lain kemampuan berkomunikasi dan kreativitas tinggi. Selengkapnya, berikut beberapa soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

1. Etos Kerja

Ketika melamar pekerjaan, salah satu soft skill yang dibutuhkan yaitu etos kerja. Dengan etos kerja yang baik, kamu akan lebih termotivasi untuk menjalankan pekerjaanmu. Hal ini tentu merupakan karakteristik yang sangat dicari oleh recruiter.

2. Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi juga termasuk sebagai soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Untuk memiliki kemampuan ini, kamu juga dituntut untuk menjadi pendengar yang baik serta memiliki pengetahuan yang luas agar bisa terjalin komunikasi dua arah yang efektif.

Kemampuan ini juga akan membantumu dalam penyampaian dan negosiasi gagasan kepada tim hingga khalayak yang lebih banyak. Bahkan apabila dimanfaatkan dengan bijak, soft skill tersebut akan memudahkanmu dalam memperluas relasi untuk pengembangan karir.

3. Critical dan Analytical Thinking

Untuk menyelesaikan berbagai masalah, critical dan analytical thinking menjadi soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Critical thinking adalah kemampuan menganalisis informasi secara kritis dan detail. Jika ingin memiliki kemampuan ini, kamu tidak boleh takut berdiskusi dan harus memperdalam ilmu di bidang kerja yang digeluti.

Sementara itu, analytical thinking merupakan kemampuan membaca data dan menganalisis kebenarannya dengan bijak. Seorang pekerja perlu memiliki kemampuan ini agar tidak menyimpulkan suatu informasi tanpa riset terlebih dahulu. Analisis yang baik tentunya bisa diperoleh hanya jika telah melalui observasi dan riset mendalam terlebih dahulu.

Baca juga: Keterampilan Teknis dan Non-teknis: Definisi dan Perbedaannya

4. Leadership

Sejak awal, kamu harus paham bahwa leadership adalah soft skill yang dibutuhkan di masa depan. Kamu pastinya berencana untuk memperoleh promosi di tempat kerja, bukan?

Untuk mendapatkannya, kamu harus bisa menunjukkan kemampuan leadership yang baik sejak menjadi anggota divisi. Bahkan, kemampuan ini sebenarnya penting dimiliki seluruh karyawan agar pekerjaannya tidak mudah disetir oleh orang lain.

Jika ingin menampilkan jiwa kepemimpinan, kamu harus lebih berani untuk memimpin dalam project ketika diberikan kesempatan. Kamu juga harus bisa mendelegasikan tugas kepada orang lain sesuai kemampuannya.

5. Kreatif dan Inovatif

Berpikir dengan kreatif dan inovatif adalah soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja untuk membawa pembaruan atau perubahan yang lebih efektif, seperti pembuatan produk hingga aktivitas pemasaran.

Misalnya, untuk menjaga dan menarik pelanggan, pembaruan produk lama serta inovasi baru perlu dilakukan. Hal ini tentunya memerlukan kreativitas dan pemikiran yang inovatif.

6. Adaptif

Selanjutnya, menjadi adaptif adalah soft skill yang diperlukan mahasiswa sebelum melamar kerja. Sebab, ketika bekerja kamu dituntut untuk beradaptasi dengan budaya kerja di perusahaan secara cepat. Tujuannya adalah agar proses kerja tidak terhambat dalam jangka panjang. Secara pribadi, skill ini akan membantu kamu melewati masa-masa sulit dengan lebih baik.

7. Inisiatif

Memiliki inisiatif tinggi juga menjadi soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Hal ini akan membuat kamu lebih menonjol, bisa memberikan kontribusi yang baik, dapat membantu mencegah munculnya masalah, serta mampu menambah pengetahuan.

Namun, sebelum itu pastikan untuk melakukan observasi dan mengidentifikasi masalah dengan baik agar inisiatifmu bisa bermanfaat secara optimal.

8. Kerja Sama

Walau sangat terampil secara pribadi, tidak mampu bekerja sama dengan tim dapat menghambat hasil kerja yang baik. Maka dari itu, kemampuan ini menjadi soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Utamanya, hal ini tercermin dari kemampuan menoleransi perbedaan karakter hingga pola pikir. Dengan sikap toleransi yang baik, tim dapat bekerja sama secara lebih maksimal.

9. Time Management 

Tidak kalah penting, time management merupakan soft skill yang dibutuhkan saat ini maupun di masa depan dalam dunia kerja. Sebab, manajemen waktu yang tidak baik akan memengaruhi berbagai hal termasuk pekerjaan secara negatif.

Misalnya, datang terlambat dan tidak menyelesaikan tugas sesuai deadline bisa membuat pekerjaan menjadi menumpuk bahkan berantakan. Akhirnya, pekerjaan akan dilakukan secara tergesa-gesa yang membuat kualitas pekerjaan tidak maksimal.

Baca juga: Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Behavioral Interview!

10. Manajemen Diri

Soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja juga dapat berupa manajemen diri, yaitu kemampuan di mana kamu mampu mengatur kapasitas mental dan fisik dengan baik supaya bisa berkontribusi secara maksimal.

Hal ini bisa diperoleh dengan menerapkan work life balance, sehingga kamu memiliki waktu refreshing yang cukup setiap harinya.

11. Percaya Diri

Soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja lainnya adalah kepercayaan diri. Biasanya, kepercayaan diri akan terbentuk apabila seseorang mempunyai kemampuan yang baik di bidangnya. Kombinasi kemampuan dan kepercayaan diri pun akan membuat seseorang lebih pantang menyerah, tahan banting, dan termotivasi untuk sukses.

Kepercayaan diri selanjutnya juga perlu diimbangi dengan growth mindset serta memahami kelebihan dan kekurangan diri.

12. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional juga termasuk sebagai salah satu soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Dengan soft skill ini, kamu bisa lebih memahami diri sendiri dan orang lain. Hal tersebut dapat membuat kamu lebih mudah berkomunikasi, bekerja sama, hingga bisa memimpin orang lain.

Itulah beberapa soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Untuk calon pelamar kerja, pastikan untuk mengasah soft skill dengan baik agar bisa lebih unggul dari kandidat lainnya, ya. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan berbagai kegiatan, seperti menjadi event organizer hingga kerja part-time ataupun freelance.

Kalau sudah mempersiapkan soft skill hingga hard skill dengan baik, langsung saja cari lowongan pekerjaan lewat RecruitFirst yang sesuai dengan keahlianmu. Bahkan tidak hanya untuk mencari kerja, RecruitFirst juga bisa membantu perusahaan mencari talenta potensial yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Maka dari itu, bagi pencari kerja dan recruiter, jangan ragu lagi untuk menggunakan layanan yang ditawarkan oleh RecruitFirst. Untuk recruiter, yuk segera hubungi kami supaya bisa mendapatkan karyawan terbaik di perusahaanmu!

Baca juga: 5 Tips Jitu Mendapatkan Pekerjaan Tidak Sesuai Jurusan

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.